Jumat 10 Januari 2020, 17:01 WIB

Anies Yakin Integrasi MRT-KAI Akan Membuat Subsidi Lebih Hemat

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Anies Yakin Integrasi MRT-KAI Akan Membuat Subsidi Lebih Hemat

ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Rangkaian kereta MRT melintas di bawah Halte Transjakarta Centrale Stichting Wederopbouw (CSW) koridor 13 di Jakarta.

 

PT MRT Jakarta dan PT KAI telah membuat perusahaan patungan (join venture) dengan DKI sebagai pemilik saham mayoritas 51% bernam PT Moda Integrasi Transportasi Jabodetabek.

Perusahaan ini akan melakukan pengelolaan stasiun-stasiun dan armada KRL di bawah KCI yang berada di kawasan Jabodetabek.

Dengan integrasi ini nantinya pendanaan subsidi transportasi tidak hanya berasal dari APBD tetapi juga dapat berasal dari APBN.

"Kalau nanti cost terintegrasi dan subsidinya pun terintegrasi, justru harapannya nanti bisa menghemat subsidi," kata Anies ditemui di Kementerian BUMN usai penandatanganan kerja sama antara PT MRT Jakarta dengan PT KAI, Jumat (10/1).

Menurutnya perusahaan ini nantinya akan berperan untuk melakukan penataan. Dengan adanya join venture, subsidi tidak lagi diberikan permoda.

"Kalau sekarang pemprov subsidi trans Jakarta, pemerintah pusat subsidi kereta KCI," ujarnya.

Melalui kerja sama ini pula diharapkan adanya peningkatan rasio pengguna angkutan umum. Saat ini rasio pengguna angkutan umum dbandingkan angkutan pribadi yakni 60%:40%.

"Kita lihat apakah nanti bisa 75%:24%," kata Anies.

Saat ini seluruh moda transportasi umum yang dikelola Pemprov DKI masih bergantung pada subsidi untuk beroperasi serta menekan tarif tiket.

MRT Jakarta mendapat subsidi sebesar Rp825 miliar, LRT Jakarta mendapat subsidi 439 miliar, dan Transjakarta mendapat subsidi Rp3,2 triliun.(OL-4)

Baca Juga

Ilustrasi

Edarkan Sabu, Oknum Polresta Bandara Soetta Ditangkap

👤Sumantri 🕔Sabtu 31 Oktober 2020, 23:45 WIB
Anggota Polresta Bandara Soekarno Hatta, Aiptu Arn yang diduga mengedarkan sabu di Kota Tangerang dibekuk petugas Polsek Tangerang di...
MI/Fransisco Carolio Hutama Gani

Sah! UMP DKI Naik 3,27% Jadi Rp4,4 Juta

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Sabtu 31 Oktober 2020, 22:58 WIB
Dengan mempertimbangkan dan menjunjung tinggi rasa keadilan, Pemprov DKI Jakarta menetapkan kebijakan asimetris untuk UMP Tahun...
Antara/Rivan Awal Lingga

Jakarta Raih STA 2021, Transjakarta Teruskan Sistem Integrasi

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Sabtu 31 Oktober 2020, 21:34 WIB
Selain Transjakarta, harapan integrasi yang lebih baik tentunya semakin terlihat jelas dengan hadirnya 'Mass Rapid Transit' atau...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya