Jumat 10 Januari 2020, 15:42 WIB

Pertumbuhan Ekonomi Kalteng Diprakirakan Naik

Surya Sriyanti | Nusantara
Pertumbuhan Ekonomi Kalteng Diprakirakan Naik

MI/Surya Sriyanti
Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalteng Devy Ika Puspitosari (berjilbab) saat menjelaskan pertumbuhan ekonomi Kalteng.

 

PADA 2019, pertumbuhan ekonomi Kalimantan Tengah mengalami peningkatan 6,0-6,4 persen (year on year/yoy) dibandingkan 2018  berkisar 5,64 persen (yoy).

"Hal ini terlihat inflasi yang rendah dan stabil serta intermediasi perbankan yang tetap terjaga dengan pertumbuhan kredit yang tetap kuat, di tengah lambatnya volume perdagangan dunia dampak dari ketidakpastian ekonomi global," kata Deputi Kepala Perwakilan BI Provinsi Kalteng, Devy Ika Puspitosari, Jumat (10/1).

Menurutnya inflasi rendah juga bukan kunci pertumbuhan ekonomi menjadi meningkat.

"Namun inflasi yang stabil itu yang menjadi kuncinya," kata Devy.

Dijelaskannya, pertumbuhan ekonomi tahun 2019 tersebut didorong oleh stabilnya permintaan domestik yang didukung oleh terjaganya produksi dan distribusi sejumlah barang konsumsi.

"Selain itu peningkatan kinerja baik swasta maupun pemerintah serta usaha pertambangan batubara. Dan produksi kelapa sawit yang tetap terjaga menjadi beberapa faktor yang mempengaruhi pertumbuhan pada tahun 2019," jelsnyaa.

Sementara itu ditinjau dari sisi realisasi inflasi Kalteng pada 2019 berada pada level rendah sebesar 2,45 persen, atau lebih rendah dibanding 2018 sebesar 4,5 persen (yoy).

baca juga: Kecelakaan di Tol Cipali Tewaskan Dua Orang

"Terjaganya pasokan sejumlah komoditas strategis dan relatif stabil, serta kenaikan harga komoditas yang diatur pemerintah secara signifikan menjadi penyebab rendahnya tekanan inflasi pada 2019," pungkasnya. (OL-3)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More