Jumat 10 Januari 2020, 15:13 WIB

Pimpinan MPR Minta Pemerintah Segera Ambil Sikap Soal AS-Iran

Putri Rosmalia Octaviyani | Internasional
Pimpinan MPR Minta Pemerintah Segera Ambil Sikap Soal AS-Iran

Twitter/Kedubes Iran
Duta Besar Iran untuk Indoneasia, Mohammad Khoush Heikal Azadatas.

 

WAKIL Ketua MPR, Fadel Muhammad, meminta pemerintah Indonesia mengambil sikap atas konflik yang terjadi antara Amerika Serikat (AS) dan Iran. Di mana serangan udara militer AS itu menewaskan komandan tinggi militer Iran Mayor Jenderal Qasem Soleimani.

Fadel melihat, pernyataan sikap Indonesia atas konflik tersebut sangat penting. Konflik AS-Iran tersebut telah menjadi isu global dan juga berpotensi menimbulkan dampak besar secara global.

“Saatnya Indonesia berperan dalam isu yang sangat krusial ini. Sebab, konflik panas tersebut bukan hanya masalah AS-Iran saja tapi menjadi masalah kemanusiaan yang banyak negara mesti berperan termasuk Indonesia,” ujarnya, usai bertemu dengan Dubes Iran untuk Indonesia Mohammad Khoush Heikal Azad, di Jakarta, Jumat (10/1).

Fadel mengatakan, MPR RI sangat menyayangkan terjadinya konflik antara AS dan Iran. Terutama sumber awal konflik yakni pembunuhan petinggi militer sebuah negara oleh negara lain. Ia berharap agar masalah tersebut bisa diselesaikan secara damai.

Baca juga : AS Tawarkan Negosiasi Serius, Iran tidak Percaya

“Saya sebagai Pimpinan MPR serta mewakili Pimpinan MPR lainnya menyampaikan turut berduka cita atas meninggalnya Qasem Soleimani kepada pemerintah dan rakyat Iran. Semoga akan ada titik penyelesaian konflik dengan damai, serta ke depan jangan terjadi kembali terutama penyerangan-penyerangan petinggi satu negara di negara lain,” ungkap Fadel.

Dalam kesempatan tersebut, Fadel sangat mengapresiasi sikap pemerintah Iran yang akan berusaha mengambil jalan damai dalam penyelesaian konflik dengan AS.

“Dubes Iran menyatakan bahwa sikap Iran yang terbaru saat ini adalah berusaha menahan diri atau cool down, berupaya keras tidak membuat ketegangan lebih panas lagi. Itu menurut saya hal yang patut diapresiasi,” tambahnya.

Merespon pernyataan simpati Pimpinan MPR, Dubes Iran, Mohammad Khoush Heikal Azadatas, mengatakan atas nama pemerintah dan rakyat Iran menyatakan apresiasi dan rasa terima kasih yang sangat dalam.

“Kami sangat berterima kasih, kami memang sangat kehilangan sosok pahlawan kami. Rasa simpati Pimpinan MPR dan rakyat Indonesia adalah penyejuk bagi kami,” ujarnya. (Pro/OL09)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More