Jumat 10 Januari 2020, 14:22 WIB

Sejumlah Wilayah di Sumbar Diterjang Banjir dan Pohon Tumbang

Yose Hendra | Nusantara
Sejumlah Wilayah di Sumbar Diterjang Banjir dan Pohon Tumbang

Antara
Kendaraan melintas di ruas jalan Sumbar - Jambi yang sebagian terban, di KPGD, Kab. Solok Selatan, Sumatra Barat.

 

SEJUMLAH wilayah di Sumatra Barat (Sumbar) diterjang banjir akibat hujan lebat yang turun sejak Kamis (9/1). Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumbar, Rumainur menyebutkan banjir disertai tumbangnya pohon terjadi di Kota Padang, Kabupaten Padang Pariaman dan Kabupaten Agam.

Untuk Kota Padang, pohon tumbang menimpa kabel listrik, pagar sekolah dan menghambat akses jalan di MIN 4 Koto Luar, Kelurahan Koto Luar, Kecamatan Pauh. Masih di Kecamatan Pauh, persisnya di jalan Tanjung Komplek Dangau Teduh RT 02 RW 04 Kelurahan Piai Tangah, terjadi genangan air sekitar 20 cm.

Sementara di Kecamatan Nanggalo di Jalan Komplek Taruko Permai RT 04 RW 03 Kelurahan Tabing Banda Gadang terjadi pohon tumbang menimpa kabel listrik dan menghambat akses jalan. Di Kecamatan Padang Utara, SDN 03 Alai Parak Kopi terjadi genangan air sekitar 20 cm. Lalu di Kecamatan Padang Selatan di jalan Raya Jundul Rawang RT 03 RW 04  Kelurahan Rawang Barat terjadi genangan air sekitar 25 cm.

"Korban jiwa nihil," kata Rumainur, Jumat (10/1).

Untuk tindak lanjut, sambungnya, Pusat Pengendali Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB) BPBD Kota Padang Padang telah mengevakuasi pohon tumbang  dan akses jalan lancar kembali.

"Genangan air di beberapa titik di wilayah Kota Padang. Tim melakukan pemantauan atau monitoring hingga air surut," ujarnya.

Sementara di Kabupaten Padang Pariaman, banjir terjadi di Jorong (Dusun) Guguak, Nagari (Desa) Lurah Ampalu dengan ketinggian 75 cm. Sejumlah rumah warga direndam banjir tersebut. Di beberapa desa seperti Kudu Ganting menuju Kampung Dalam, akses jalan tidak dapat dilewati karena ada pohon tumbang di jalan.

"Terjadi pohon kelapa tumbang menimpa rumah warga atas nama Yevi Erwandi, 37. Kerugian materi sekitar Rp10.000.000," kata Rumainur.

baca juga: Polda Babel Tanam 7500 Pohon Cegah Abrasi dan Longsor

Sedangkan di Kabupaten Agam, banjir menggenangi 12 unit rumah warga di kawasan Lubuk Basung.

"Satgas BPBD Kabupaten Agam turun kelokasi kejadian untuk melakukan pendataan dan penanganan. Dengan memberikan bantuan berupa terpal, tikar, dan selimut," sebut Rumainur. (OL-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More