Jumat 10 Januari 2020, 08:50 WIB

Panglima TNI Tekankan Isu Kebersamaan

Pra/P-3 | Politik dan Hukum
Panglima TNI Tekankan Isu Kebersamaan

MI/BARY FATHAHILAH
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto memberi salam kepada Uskup Agung Jakarta Ignatius Suharyo Hardjoatmodjo (kiri)

 

PANGLIMA TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengingatkan seluruh prajurit TNI agar aktif menjaga persatuan dan kesatuan di tengah keberagamaan Indonesia. Hal itu disampaikan saat menghadiri perayaan Natal bersama prajurit TNI di GOR Ahmad Yani, Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta, kemarin. Acara itu dihadiri ribuan prajurit TNI dan diisi khotbah dari Pendeta Gilbert Lumoindong dan Romo Sus Yoseph Bintoro.

Menurut Panglima, semangat keberagaman itu sejatinya menjadi pemupuk persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia yang ber-Bhinneka Tunggal Ika. Terlebih, saat ini Indonesia terus menghadapi berbagai tantangan yang kian kompleks sebagai imbas dari kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.

"Semangat keberagaman itu sejatinya menjadi pemupuk persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Oleh karena itu, tepatlah bila Natal bersama kali ini mengusung tema Dengan Sukacita Natal kita perkukuh semangat prajurit sapta marga dan PNS TNI untuk tegaknya kesatuan dan persatuan bangsa," kata Hadi.

Natal, imbuhnya, merupakan perayaan sukacita dan senantiasa membawa pesan damai. Dengan demikian, selain dimensi ibadah, Natal juga memiliki dimensi sosial berupa solidaritas kesetiakawanan yang bukan sekadar slogan kosong, tetapi juga harus diwujudkan dalam kehidupan nyata. "Hal ini tentunya erat dengan nilai-nilai keprajuritan serta tugas pokok yang diemban oleh TNI," ucapnya.

Dalam suasana perayaan Natal, imbuh Hadi, ternyata terjadi musibah bencana alam di beberapa daerah. TNI pun bisa segera bergerak untuk memberikan bantuan dan bahu-membahu dengan kementerian, lembaga, serta komponen bangsa lainnya. "Bantuan itu diberikan kepada semua warga, tidak memandang perbedaan apa pun juga, serta diberikan oleh satuan, badan, lembaga, dan organisasi yang penuh dengan keanekaragaman pula," tegasnya.

Rangkaian perayaan Natal bersama TNI Tahun 2019 didahului dengan kegiatan bakti sosial TNI berbagi kasih mengunjungi dan memberikan santunan ke Panti Asuhan Fajar Baru, Cimanggis, Depok, dan Panti Asuhan Anak Cacat Ganda Wisma Tunaganda Pasir Gunung Cimanggis, Jakarta Timur, 20 Desember 2019.

Selain itu, melaksanakan kegiatan donor darah di Satkes Denma Mabes TNI, Cilangkap, pada 6 Januari 2020 bekerja sama dengan PMI Sukabumi yang diikuti ratusan prajurit dan PNS dari tiga kesatuan TNI, Darat, Laut, dan Udara. (Pra/P-3)

Baca Juga

ANTARA/Mohammad Ayudha

Bawaslu Sayangkan Rendahnya Tingkat Kampanye Daring

👤Anggitondi Martaon 🕔Selasa 27 Oktober 2020, 11:08 WIB
Mayoritas paslon Pilkada 2020 lebih memilih kampanye tatap muka. Metode ini dianggap rawan menyalahi aturan, salah satunya ketentuan...
ANTARA/Muhammad Adimaja

Dalam Setahun, Kejagung Jatuhkan Sanksi pada 109 Jaksa

👤Tri Subarkah 🕔Selasa 27 Oktober 2020, 07:58 WIB
Pemeriksaan oleh Direktorat Jamwas dilakukan guna menilai tingkat kebenaran dari aduan...
ANTARA/Basri Marzuki

KPU Tetapkan Jumlah DPT Pilkada 2020

👤Anggitondi Martaon 🕔Selasa 27 Oktober 2020, 07:41 WIB
Jumlah pemilih yang masuk DPT mencapai 100.359.152...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya