Jumat 10 Januari 2020, 08:45 WIB

KPAI Apresiasi Langkah Jokowi Bahas Kekerasan Anak di Ratas

Ihfa Firdausya | Humaniora
KPAI Apresiasi Langkah Jokowi Bahas Kekerasan Anak di Ratas

MI/Rommy Pujianto
Ketua KPAI Susanto

 

KETUA Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Susanto mengapresiasi langkah Presiden RI untuk membahas pencegahan dan penanganan kasus kekerasan terhadap anak dalam rapat terbatas tingkat menteri dan pimpinan lembaga negara di Istana Presiden, Kamis (9/1). Menurutnya, ini merupakan bentuk komitmen kepala negara dalam mencegah dan menangani kasus-kasus kekerasan anak demi mewujudkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul.

Dalam Ratas tersebut, Presiden memberikan tiga arahan. Pertama, mengoptimalkan pencegahan kekerasan terhadap anak melalui satuan pendidikan, keluarga, dan masyarakat. Kedua, pentingnya perbaikan sistem layanan pengaduan terkait kasus-kasus anak. Ketiga, reformasi besar-beasaran manajemen penanganan kasus anak menuju penanganan yang komprehensif.

Baca juga: Soal Pedofilia, Presiden: Hukum Harus Memberi Efek Jera

Menurut Susanto, KPAI akan menindaklanjuti arahan Presiden tersebut.

"Sebagai tindak lanjut Ratas, upaya pencegahan, penanganan, dan rehabilitasi akan terus dioptimalkan agar anak-anak Indonesia tumbuh menjadi pribadi yang unggul dan berkarakter," kata Susanto dalam keterangan resmi, Kamis (9/1).

Rapat Terbatas dihadiri oleh ara menteri dan pimpinan lembaga negara. Di antaranya Menkopolhukam, Menko Perekonomian, Menko PMK, Mensesneg, Menseskab, Kepala Staf Kepresidenan, Mendagri, Menteri Hukum dan Ham, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Menaker, Menteri Keuangan, Menteri Sosial, Menteri Kesehatan, Menteri Pariwisata, Menteri Agama, Ketua KPAI, Kapolri dan Jaksa Agung.(OL-5)

Baca Juga

ANTARA/ARIF FIRMANSYAH

Kak Seto Bagi Tips GEMBIRA di Tengah Pandemi Covid-19

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Sabtu 04 April 2020, 12:46 WIB
Momen physical distancing ini menjadi kesempatan bagi masyarakat yang biasanya tidak memiliki waktu luang/melupakan kebersamaan dengan...
DOK BPJS KESEHATAN

Pemerintah Siap Eksekusi Putusan MA Batalkan Kenaikan Iuran JKN

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 April 2020, 11:40 WIB
''Saat ini Pemerintah dan Kementerian terkait dalam proses menindaklanjuti Putusan MA ini dan sedang disusun...
AFP/GERARD JULIEN

Kemenkes: Klorokuin Bukan Obat Malaria

👤Atalya Puspa 🕔Sabtu 04 April 2020, 10:22 WIB
Klorokuin sudah tidak lagi digunakan sebagai obat malaria karena terjadi resistensi terhadap penyakit tersebut. Untuk pengobatan Covid-19...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya