Jumat 10 Januari 2020, 05:40 WIB

PLN Borong Proper Emas dan Proper Hijau

(RO/H-3) | Humaniora
PLN Borong Proper Emas dan Proper Hijau

Dok.PLN
PLN beserta anak usahanya menggaet penghargaan 5 proper emas dan 16 proper hijau ungk 2019 dari KLHK.

 

PLN dan anak perusahaannya PT Pembangkitan Jawa Bali (PJB) serta PT Indonesia Power (IP) berhasil meraih 5 penghargaan Proper Emas dan 16 penghargaan Proper Hijau dalam ajang Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan (Proper) tahun 2019 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Penyerahan penghargaan dilakukan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma'ruf Amin, di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Rabu (8/1).

"Air, udara, tanah, dan energi tempat perusahaan anda berpijak adalah pinjaman dari anak cucu kita. Setiap elemen masyarakat harus taat terhadap setiap regulasi terkait pengelolaan lingkungan hidup, termasuk sektor perusahaan. Ketaatan ini mesti dijaga dan menjadi tugas kita untuk menanam agar anak cucu kita nanti bisa memetik buah yang baik," ujar Ma'ruf Amin dalam sambutannya.

Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini mengungkapkan, prestasi yang diperoleh merupakan hasil kolaborasi yang baik antara PLN dan masyarakat. "Bagi kami, penghargaan ini sangat penting sebagai legitimasi atas misi PLN untuk menjalankan usaha yang berwawasan lingkungan sekaligus mendukung komitmen pemerintah terhadap Paris Agreement untuk menurunkan kadar emisi karbon dioksida mulai tahun 2020," ungkap Zulkifli.

Pada kesempatan yang sama, Menteri LHK menuturkan selain memberikan penghargaan Proper bagi yang menunjukkan kinerja luar biasa dalam pengelolaan lingkungan hidup, pihaknya juga mengumumkan perusahaan yang tidak taat peraturan lingkungan hidup.

"Tingkat ketaatan perusahaan terhadap peraturan lingkungan cukup tinggi, sebanyak 1.708 perusahaan atau 85 persen. Penerima Proper masuk dalam 45 program inovatif nasional," imbuh Siti.

KLHK melakukan penilaian terhadap 2.045 perusahaan. Penilaian melalui proses evaluasi ketaatan peraturan pengelolaan lingkungan hidup, penerapan sistem manajemen lingkungan, efesiensi energi, konservasi air, pengurangan emisi, perlindungan keanekaragaman hayati, 3R pada limbah B3 padat dan non-B3, serta pemberdayaan masyarakat.

Proper Emas untuk PLN diraih PLTU (Pembangkit Listrik Tenaga Uap) Tanjung Jati B, PLTU Paiton Unit 1-2 Probolinggo dan PLTGU (Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap) Gresik serta PLTDG (Pembangkit Listrik Tenaga Diesel Gas) Pesanggaran, Denpasar, dan PLTP (Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi) Kamojang Darajat, Kabupaten Bandung. (RO/H-3)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Gugus Tugas Covid-19: Perkuat Disiplin Protokol Kesehatan

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Senin 06 Juli 2020, 19:49 WIB
Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto menyampaikan bahwa disiplin menjadi indikasi terhadap dampak terjadinya...
ANTARA/PUSPA PERWITASARI

Perempuan Kurang Melek Teknologi

👤Ihfa Firdausya 🕔Senin 06 Juli 2020, 19:40 WIB
Penelitian lembaga We Are Social menunjukkan kecenderungan perempuan yang tidak terlalu aktif dalam mengakses informasi melalui...
ANTARA/Aprillio Akbar

Menteri Siti Optimistis Capai Target Penurunan Emisi GRK 26%

👤Ferdian Ananda M 🕔Senin 06 Juli 2020, 19:15 WIB
Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar mengatakan optimistis dengan kerja keras target GRK sebesar 26% tercapai tahun...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya