Kamis 09 Januari 2020, 17:24 WIB

BBWSCC Perbaiki Sementara 44 Titik Tanggul Jebol

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
BBWSCC Perbaiki Sementara 44 Titik Tanggul Jebol

Antara
Sejumlah pekerja membuat karung pasir yang akan digunakan sebagai tanggul penahan banjir

 

BALAI Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) akan membangun tanggul penahan sementara untuk mengantisipasi luapan air di 44 titik tanggul jebol di Jabodetabek.

Saat ini seluruh titik itu dalam kondisi tanggap darurat karena jebol. Untuk membangun tanggul sementara itu, BBWSCC cukup kewalahan karena banyaknya titik yang jebol.

Kepala BBWSCC Bambang Hidayah pun menyebut akan meminta bantuan tambahan material dari balai besar wilayah sungai lain seperti Cimanuk.

"Kita nilai kondisinya tanggap darurat. Kita bangun sementara dengan sandbag, beronjong, tergantung posisinya, sementara lah bukan permanen," kata Bambang saat dikonfirmasi Kamis (9/1).

Paling banyak titik jebolnya tanggul terdapat di Kemang Pratama, Kali Bekasi yakni 29 titik. Selain itu ada pula di Depok dan Kalibata.

"Kita prioritaskan yang krusial dulu," ungkapnya.

Sementara itu, Bambang menegaskan untuk perbaikan permanen akan dilakukan secara bertahap.

Selain itu, ia juga akan melakukan perbaikan pada pintu-pintu air yang rusak dan mengecek kondisi pompa-pompa.

Bambang memastikan pompa yang dikelola oleh BBWSCC tidak rusak meskipun tidak berfungsi saat banjir melanda Jabodetabek pada 1 Januari lalu.

"Pompa nggak ada yang rusak. Hanya sudah terendam, air terlalu tinggi. Jadi outletnya itu sudah terendam karena saking tingginya air jadi ya sudah tidak bisa berfungsi," ungkapnya.

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyebut penyebab banjir menggenangi 178 titik di Jabodetabek pekan lalu di antaranya adalah karena jebolnya tanggul di 44 titik serta matinya 11 pintu air. Selain itu ada tiga titik drainase tersumbat dan 13 titik drainase yang tidak sanggup lagi menampung luapan air menjadi penyebab banjir.(OL-11)

Baca Juga

MI/FRANSISCO CAROLIO HUTAMA GANI

DKI Larang Pemotongan Hewan Kurban di Wilayah Zona Merah

👤Insi Nantika Jelita 🕔Kamis 02 Juli 2020, 18:36 WIB
"Untuk daerah yang sangat padat penduduk dan daerah yang ditetapkan sebagai zona merah, pemotongan hewan kurban dipindahkan ke rumah...
MI/WIBOWO SANGKALA

Polri: Ada Dua Jalur Sindikat Narkoba Internasional di Indonesia

👤Tri Subarkah 🕔Kamis 02 Juli 2020, 17:59 WIB
Sindikat Timur Tengah, lanjut Listyo, masuk ke Indonesia melalui Pantai Barat Aceh. Setelah itu berlanjut hingga ke bagian selatan Pulau...
MI/Ramdani

Reklamasi Ancol, Ini Penjelasan Soal Museum Nabi dan Masjid Apung

👤Insi Nantika Jelita 🕔Kamis 02 Juli 2020, 17:41 WIB
PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk memastikan pembangunan Masjid Agung tidak masuk dalam proyek reklamasi. Sedangkan Museum Nabi masuk dalam...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya