Kamis 09 Januari 2020, 15:50 WIB

10 Scriptwriter Indonesia Akan Dikirim Ke Hollywood

Fathurrozak | Weekend
10 Scriptwriter Indonesia  Akan Dikirim Ke Hollywood

MI/Fathurrozak
Pemerintah dan Netrflix bekerja sama untuk mengirimkan 10 skripwriter ke Amerika Serikat.

SEBANYAK 10 penulis skenario akan dikirim ke kantor pusat Netflix di Hollywood, Los Angeles, Amerika Serikat untuk belajar. Keberangkatan mereka itu atas kerjasama pemerintah Indonesia dengan Netflix. Tidak hanya itu, ada lokakarya bagi 100 penulis skenario di Indonesia, dan lomba film pendek bertema azas Pancasila.

"Netflix berkomitmen menginvestasikan US$ 1juta untuk pembangunan kapasitas kreativitas (scriptwriter) itu di LA. Dan akan mengadakan lokakarya di Indonesia dengan 100 penulis untuk melanjutkan pelatihan. Sangat exciting juga bagi kami untuk melihat talenta-talenta kita seperti apa. Film-film pendek ini akan dipilih pemenangnya dan diberi budjet produksi sebesar US$600ribu," papar Mendikbud Nadiem Makarim di ruang Graha Utama, Kantor Kemendikbud, Senayan, Jakarta, Kamis (9/1).

Sayangnya belum ada kriteria peserta yang akan dikirim ke Hollywood yang akan diberangkatkan pada Maret mendatang. Saat meminta keterangan pada perwakilan Asosiasi Produser Film Indonesia (Aprofi), Sheila Timothy pada kesempatan yang sama, rencananya kandidat peserta pelatihan berasal dari kalangan yang pernah mengerjakan proyek profesional.

"Detailnya saya belum tahu. Terus terang mereka juga masih dalam tahap penggodokan lagi. Jadi saya mewakili Aprofi, kita akan mengawinkan mereka (Netflix) dengan beberapa komunitas dan juga asosiasi-asosiasi seperti Asosiasi Penulis Indonesia dan filmmaker lainnya. Jadinya ini merupakan kolaborasi semuanya. Sepanjang yang saya sudah diberi tahu sampai saat ini peserta workshopnya ialah junior scriptwriter. Tapi  sudah memiliki pengalaman. Jadi bukan yang nol sama sekali," papar perempuan yang akrab disapa Lala. (M-3)

Baca Juga

Sz.gov.cn

Akibat Pandemi, Shenzen Larang Warga Makan Kucing hingga Katak

👤Galih Agus Saputra 🕔Kamis 02 April 2020, 17:00 WIB
Shenzen merupakan kota pertama di Tiongkok yang menerapkan aturan...
LISA O

Antisipasi Wabah Korona, Justin Bieber Tunda Tur Promo Albumnya

👤Fathurrozak 🕔Kamis 02 April 2020, 16:30 WIB
Album tersebut merupakan album kelimanya dengan single Yummy yang populer di aplikasi Tiktok dan memunculkan tagar...
Instagram @anggy_umbara

Sutradara Ini Jadi Penulis Naskah Acara Komedi "Spontan" Saat SMP

👤Fathurrozak 🕔Kamis 02 April 2020, 15:00 WIB
Ia begitu senang mendapat bayaran Rp300 ribu per...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya