Kamis 09 Januari 2020, 14:42 WIB

Dirjen Hubud Imbau Maskapai Tak Lewati Wilayah Konflik

Hilda Julaika | Politik dan Hukum
Dirjen Hubud Imbau Maskapai Tak Lewati Wilayah Konflik

MI/SASKIA ANINDYA PUTRI
Dirjen Perhubungan Udara Polana Banguningsih

 

DIREKTUR Jenderal (Dirjen) Perhubungan Udara (Hubud) Polana Banguningsih mengimbau Badan Usaha Angkutan Udara (BUAU)/maskapai Indonesia untuk menghindari melintasi wilayah udara di beberapa negara timur tengah yang terdampak konflik Iran dan Amerika Serikat. Seperti negara Irak, Iran, Teluk Persia, dan Teluk Oman, untuk mengantisipasi keselamatan dan keamanan penerbangan.

"Karena kemarin ada daerah konflik di sekitar, kami mengimbau pada maskapai untuk meningkatkan kewaspadaan dan kalau dimungkinkan juga sudah dikoordinasikan instruksi pada Airnav dan yang terkait seperti me-reroute jalur agar tak melintasi daerah-daerah tersebut," ujar Polana, Kamis (9/1).

Instruksi tersebut tertuang melalui surat Direktur Jenderal Perhubungan Udara Nomor AU.008/1/2/DRJU.DAU/2020 tanggal 8 Januari 2020 perihal Peringatan Overflying Kawasan Konflik.

Menurut Polana, kondisi wilayah udara Irak, Iran, Teluk Persia dan Teluk Oman perlu untuk diwaspadai, mengingat peningkatan eskalasi konflik di wilayah tersebut.

“Memperhatikan peningkatan eskalasi konflik di wilayah Timur Tengah, khususnya Irak, Iran, Teluk Persia, dan Teluk Oman, seluruh maskapai diharapkan dapat meningkatkan kehati - hatian dan juga kewaspadaan,” kata Polana.

Lebih lanjut Polana menjelaskan, saat ini, pesawat yang akan melewati daerah tersebut telah di-reroute untuk menjauhi area konflik. Sementara itu, untuk pesawat yang menuju Saudia Arabia diimbau agar tidak melewati wilayah konflik.

"Kami akan selalu memonitoring seluruh maskapai nasional yang melakukan penerbangan internasional. Hal itu untuk terus menjaga keselamatan, keamanan dan pelayanan terbaik bagi penguna jasa penerbangan," tutup Polana. (OL-11)

Baca Juga

MI/IMMANUEL ANTONIUS

Waspadai Hoaks Covid-19 untuk Turunkan Partisipasi Pemilih

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 27 Oktober 2020, 21:44 WIB
Penyebaran hoaks terkait Covid-19, sangat mungkin terjadi pada saat pelaksanan pemungutan suara (pencoblosan) di wilayah ataupun TPS yang...
ANTARA/M Risyal Hidayat

BPK Curiga Ada yang Ingin Lemahkan Kewenangannya

👤Insi Nantika Jelita 🕔Selasa 27 Oktober 2020, 20:27 WIB
BPK menyatakan bakal menyempurnakan standar dan metode pemeriksaan yang...
Dok.MI

Bawaslu Mencatat Kegiatan Kampanye Secara Daring Terus Menurun

👤Indriyani Astuti 🕔Selasa 27 Oktober 2020, 20:15 WIB
Kampanye dengan metode tatap muka atau pertemuan terbatas masih menjadi yang paling diminati dan paling banyak dilakukan meski di tengah...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya