Kamis 09 Januari 2020, 14:12 WIB

Dampak Banjir Brebes, Puluhan Rumah Rusak

Supardji Rasban | Nusantara
Dampak Banjir Brebes, Puluhan Rumah Rusak

MI/Supardji Rasban
Aktivitas petugas di dapur umum sekaligus posko pengungsian di Mako Koramil Ketanggungan, Brebes, Jateng.

 

HUJAN deras sejak sore hingga Rabu (8/1/2020) malam membuat Sungai Babakan di Kecamatan Ketanggungan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah meluap. Sekurangnya 63 rumah warga  di sembilan desa terdampak banjir mengalami rusak berat dan ringan. Jumlah kerusakan rumah warga dan juga prasarana umum tersebut masih bisa terus bertambah, mengingat proses pendataan masih berlangsung.  Meski demikian secara umum banjir sudah surut sejak Kamis (9/1/2020) dini hari. Ratusan pengungsi di sejumlah posko pengungsian sudah pulang ke rumah masing-masing.
     
Kesembilan desa yang terendam banjir di Kecamatan Ketanggungan tersebut antara lain Desa Sindangjaya, Cikeusal Kidul, Cieukesal Lor, Pamendaran Buara dan Desa Ketanggungan. Hingga Kamis siang warga masih sibuk membersihkan lumpur-lumpur sisa banjir yang menerjang rumah mereka. Tak hanya itu, puluhan siswa SMP Ma'arif Ketanggungan juga sibuk membersihkan lumpur di ruang-ruang kelas ataupun ruang guru.
     
Seorang guru SMP Ma'arif Aziz, menuturkan pihaknya sengaja menugaskan para siswa membersihkan lumpur serta kotoran lain agar tidak merusak peralatan sekolah termasuk buku.
     
"Kalau proses belajar mengajar jelas tidak bisa dilakukan karena kondisi ruang-ruang kelas yang tidak memungkinkan," ujar Azis, sembari menambahkan pagar keliling di belakang sekolah juga roboh keterjang banjir.
     
Warga Desa Ketanggungan, Dedy menuturkan banjir mulai memasuki rumahnya sejak Rabu pukul 20.00 wib.

"Sekitar pukul dua dini hari banjir sudah mulai surut," terang Dedy.
     
Menurut Dedy banjir memang hampir setiap tahun terjadi di wilayah Kecamatan Ketanggungan, namun kali ini termasuk yang paling besar.

"Banjir tahun ini termasuk yang paling besar," terangnya.
     
Dandim 0713/ Brebes, Letkol (Inf) Faizal Amri menjelaskan banjir yang terjadi di Kota Kecamatan Ketanggungan merupakan kiriman dari sejumlah desa bagian hulu atau selatan.
     
"Karenanya banjir tidak berlangsung lama hanya beberapa jam," ujar Faizal.

baca juga: Dinas Sosial Se-Kalteng Siap Antisipasi Bencana Alam
     
Ia mengaku pihaknya belum final dalam mencatat jumlah kerusakan rumah warga maupun prasarana umum, lantaran proses pendataan masih terus berlangsung dengan menugaskan personel gabungan BPBD dan instansi terkait. Dandim selaku penanggung jawab penanganan banjir tingkat Kabupaten Brebes mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dan berhati-hati karena kondisi cuaca yang masih belum normal.

"Masyarakat haarus tetap berhati-hati dan waspada," pungkas Faizal. (OL-3)

 

Baca Juga

Antara

Gubernur Bali Keluarkan Instruksi Terkait Covid-19

👤Arnoldus Dhae 🕔Kamis 02 April 2020, 23:20 WIB
Gubernur Bali I Wayan Koster mengeluarkan instruksi melalui Surat Nomor 8551 Tahun 2020 tertanggal 1 April 2020 karena kasus covid-19 yang...
Istimewa

Cegah Covid-19, Tenaga Medis Dapat Bantuan Alat Pelindung Diri

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 02 April 2020, 22:17 WIB
Tak hanya itu, donatur juga memberi bantuan berupa hand sanitizer, masker, dan penyemprotan disinfektan kepada seluruh instansi, sekolah...
Antara

Limbah Medis Covid-19 RSU Dr Soetomo Dimusnahkan Sendiri

👤Faishol Taselan 🕔Kamis 02 April 2020, 22:15 WIB
RSU Dr Soetomo Surabaya memusnahkan limbah medis berupa APD dengan cara dibakar pada...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya