Kamis 09 Januari 2020, 17:30 WIB

Guatemala Tolak Terima Warga Meksiko dari AS

Antara | Internasional
Guatemala Tolak Terima Warga Meksiko dari AS

AFP/Johanes Eisele
Presiden Guatemala Jimmy Morales

 

PRESIDEN Guatemala Jimmy Morales mengatakan pemerintahannya tidak setuju menerima para pencari suaka asal Meksiko yang dideportasi di bawah kesepakatan dengan Amerika Serikat.

"Tidak benar kita menyetujui kesepakatan untuk menerima kedatangan para warga Meksiko," kata Morales.

Ia mengatakan kesepakatan dengan melibatkan negara ketiga, yang diterapkan Amerika Serikat akhir pekan lalu, hanya mencakup para warga dari Honduras dan El Salvador.

"Amerika Serikat sudah membahas soal kemungkinan yang mencakup para warga negara Meksiko, tapi hal itu harus dibicarakan terlebih dahulu dengan pemerintahan berikutnya," ungkapnya.

Baca juga: Guatemala Memilih Presiden Baru di Bawah Bayangan Tekanan Trump

Masa kepemimpinan Morales akan berakhir pada 14 Januari.

Sebelumnya, Pemerintahan Trump telah melancarkan tekanan pada negara-negara Amerika Tengah untuk menerima para pencari suaka di bawah serangkaian perjanjian yang ditujukan untuk membatasi perpindahan penduduk ke Amerika Serikat.

Kalangan pengkritik mengatakan Guatemala tidak mampu memberikan perlindungan bagi para migran yang rentan, mengingat negara itu berada dalam keadaan lemah serta menghadapi tingkat kemiskinan dan kekerasan yang tinggi.(OL-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More