Kamis 09 Januari 2020, 10:08 WIB

Semarang Siagakan 49 Rumah Pompa Antisipasi Banjir

Akhmad Safuan | Nusantara
Semarang Siagakan 49 Rumah Pompa Antisipasi Banjir

Antara
Pekerja beraktivitas di Rumah Pompa Kali Tenggang di Gayamsari, Semarang, Jateng. Rumah pompa untuk kendalikan banjir dan rob di Semarang.

 

MUSIM hujan di Jawa Tengah disambut dengan terjadinya banjir di sejumlah daerah. Seperti yang terjadi di Kabupaten Grobogan, dua sungai yaitu Sungai Jajar dan Tuntang kembali meluap pada Rabu (8/1/2020) petang.

Akibatnya Kecamatan Karangrayung, Gubug dan Kedungjati kembali dilanda banjir hingga mencapai 75 cm. Bahkan ruas Jalan Raya Karangrayung-Juwangi sempat tidak dapat dilintasi akibat tertutup air yang tinggi.

Banjir juga melanda Kota Semarang yang menyebabkan beberapa wilayah seperti Genuk, Kaligawe, Sawah Besar, dan Telogosari. Jalur pantura Semarang-Demak juga terendam banjir dengan ketinggian air mencapai 50 cm.

baca juga: Hujan Lebat dan Gelombang Tinggi di DIY Terus Berlanjut

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengatakan dari 49 rumah pompa yang ada, 43 diantaranya menjadi tanggung jawab Pemkot, 3 unit milik BBWS (Balai Besar Wilayah Sungai) Pemali Juwana dan 3 unit lagi rumah pompa baru.

"Kita juga siapkan truk pompa portable untuk wilayah yang belum tersedia rumah pompa," kata Hendrar Prihadi, Kamis (9/1/2020). (OL-3)

 

Baca Juga

Ilustrasi

Yogja Diminta Tetap Waspada Hujan Lebat dan Angin Kencang

👤Ardi T 🕔Minggu 01 November 2020, 00:14 WIB
Kepala Stasiun Klimatologi Sleman, DI Yogyakarta, Reni Kraningtyas mengingatkan, saat ini sebagian besar wilayah DIY sudah memasuki musim...
metronews

Polisi Hentikan Penyelidikan Kasus Siswa Bunuh Diri

👤Lina Herlina 🕔Minggu 01 November 2020, 00:08 WIB
Polisi hentikan penyelidikan kasus siswa bunuh diri, MI, 16, yang diduga terbebani sistem belajar daring, karena pihak keluarga menolak...
MI/Arnoldus Ndae

JK: Pandemi Covid-19 Beres di Indonesia pada 2022

👤Arnoldus Dhae 🕔Sabtu 31 Oktober 2020, 17:40 WIB
KETUA Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla menyatakan butuh waktu sampai tahun 2022 bagi Indonesia untuk benar-benar pulih dari...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya