Kamis 09 Januari 2020, 10:08 WIB

Semarang Siagakan 49 Rumah Pompa Antisipasi Banjir

Akhmad Safuan | Nusantara
Semarang Siagakan 49 Rumah Pompa Antisipasi Banjir

Antara
Pekerja beraktivitas di Rumah Pompa Kali Tenggang di Gayamsari, Semarang, Jateng. Rumah pompa untuk kendalikan banjir dan rob di Semarang.

 

MUSIM hujan di Jawa Tengah disambut dengan terjadinya banjir di sejumlah daerah. Seperti yang terjadi di Kabupaten Grobogan, dua sungai yaitu Sungai Jajar dan Tuntang kembali meluap pada Rabu (8/1/2020) petang.

Akibatnya Kecamatan Karangrayung, Gubug dan Kedungjati kembali dilanda banjir hingga mencapai 75 cm. Bahkan ruas Jalan Raya Karangrayung-Juwangi sempat tidak dapat dilintasi akibat tertutup air yang tinggi.

Banjir juga melanda Kota Semarang yang menyebabkan beberapa wilayah seperti Genuk, Kaligawe, Sawah Besar, dan Telogosari. Jalur pantura Semarang-Demak juga terendam banjir dengan ketinggian air mencapai 50 cm.

baca juga: Hujan Lebat dan Gelombang Tinggi di DIY Terus Berlanjut

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengatakan dari 49 rumah pompa yang ada, 43 diantaranya menjadi tanggung jawab Pemkot, 3 unit milik BBWS (Balai Besar Wilayah Sungai) Pemali Juwana dan 3 unit lagi rumah pompa baru.

"Kita juga siapkan truk pompa portable untuk wilayah yang belum tersedia rumah pompa," kata Hendrar Prihadi, Kamis (9/1/2020). (OL-3)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More