Kamis 09 Januari 2020, 10:45 WIB

Tahun ini, Babel Siapkan 2,8 Juta Batang Bibit Lada

Rendy Ferdiansyah | Nusantara
Tahun ini, Babel Siapkan 2,8 Juta Batang Bibit Lada

MI/Rendy Ferdiansyah
Tahun ini, Babel Siapkan 2,8 Juta Batang Bibit Lada

 

TAHUN ini, pemerintah provinsi Bangka Belitung (Babel) menyiapkan 2.860.000 batang bibit lada bermutu. Jutaan bibit lada tersebut akan dibagikan kepada kelompok tani di Babel. Sekretaris Dinas Pertanian Provinsi Babel, Erwin Krisnawinata, mengatakan untuk tahun 2019 jumlah bibit lada yang sudah dibagikan kepada kelompok  tani sebanyak 1.920.000 batang. Bibit tersebut, menurutnya, sudah ditanam di lahan seluas 3.200 hektar yang tersebar di 6 Kabupaten di Provinsi Bangka Belitung.

Baca juga: Sudarto Dibebaskan Tetapi Proses Hukum Berlanjut

"1,9 juta batang bibit lada tersebut merupakan bibit yang sudah disertifikasi dan unggul dengan varitas Petaling 1 dan Nyelungkup,"kata Erwin, Kamis (9/1).

Untuk tahun ini, lanjut Erwin, pihaknya menargetkan akan membagikan dua kali lipat dari tahun sebelumnya, yakni 2,8 juta batang. Hanya saja ia  belum mengetahui berapa besar dana APBN untuk penyediaan bibit tersebut karena belum menerima DPA-nya,"ujar dia.

"Jutaan bibit lada gratis bermutu ini adalah hasil dari 13 penangkar, dimana 3 penangkar berada di pulau Belitung,"tuturnya.

Ia mengaku antusias petani melalui kelompok tani untuk mendapatkan bibit lada gratis cukup tinggi sehingga pihaknya harus membatasi permintaan hanya 500 batang untuk setiap petani. "Seperti tahun lalu, proporsal permintaan banyak, ya mau tidak mau terpaksa kita batasi untuk satu petani itu hanya 500 batang berserta dengan pupuk,"ungkapnya.

Baca juga: Sang Akvitis belum Bebas

Ia menambahkan pihaknya sudah melakukan pembinaan terhadap petani mulai sosialisasi dan pembinaan, bagaimana petani bisa mengikuti SOP yang sudah ditetapkan seperti penanaman dengan tajar hidup, bibit bermutu dan 
agen pengendali hayati.

"Poin-poin itu untuk produktifitas di tingkat petani, dalam hal ini sudah melibatkan pihak kabupaten, dari dinas maupun PPL, kemudian berperan pembinaan terhadap petani. Agar produksi lada kita bisa  meningkat kendati di tengah terpuruknya harga saat ini,"ucap Erwin. (OL-6)

Baca Juga

Dok: BNPB

Wakil Wali Kota Surabaya Usul Beli Mobil Lab PCR

👤Antara 🕔Minggu 31 Mei 2020, 10:10 WIB
"Nanti saya usulkan ke Bu Wali Kota (Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini) untuk beli sendiri. Kita bisa...
dok pemprov jatim

Kuota Khusus Kursi SMA-SMK untuk Anak Nakes Pejuang Covid-19

👤RO/Micom 🕔Minggu 31 Mei 2020, 09:59 WIB
Pemprov Jatim siapkan kuota 1% bangku sekolah bagi putra putri tenaga kesehatan sampai dengan sopir ambulans, yang mendedikasikan diri...
ANTARA/HO-BPBD Kabupaten Semarang

Longsor Tutup Ruas Tol Semarang-Solo KM 426

👤Antara 🕔Minggu 31 Mei 2020, 09:20 WIB
"Kendaraan dari arah Solo dialihkan keluar melalui gerbang Tol...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya