Kamis 09 Januari 2020, 08:52 WIB

Iran Tegaskan Hormati Kedaulatan Irak

Basuki Eka Purnama | Internasional
Iran Tegaskan Hormati Kedaulatan Irak

AFP/IRAN PRESS
Roket Iran diluncurkan untuk menghantam markas militer Irak

 

IRAN, Rabu (8/1), menegaskan menghormati integritas wilayah Irak setelah menembakkan misil ke markas militer Irak yang menampung pasukan Amerika Serikat (AS).

Serangan pada Rabu (8/1) menyebabkan Irak memanggil duta besar Iran.

Dalam surat kepada Dewan Keamanan PBB dan Sekjen PBB Antonio Guterres, Duta Besar Iran untuk PBB Majid Takht Ravanchi menegaskan negaranya sangat menghormati kemerdekaan, kedaulatan, persatuan, dan integritas wilayah republik Irak.

Baca juga: Trump Kendurkan Ancaman Perang Melawan Iran

Tidak ada korban dari personel militer AS dan Irak dalam serangan udara itu.

"Operasi ini sangat terukur sehingga tidak menyebabkan koban dari pihak sipil maupun aset sipil di area," ujar diplomat itu dalam surat tersebut.

Iran mengingatkan dedikasi mereka untuk mempertahankan perdamaian dan keamanan internasional serta tidak ingin meningkatkan kemungkinan perang.

Kementerian Luar Negeri Irak, Rabu (8/1), mengatakan akan memangi Duta besar Iran karena serangan misil itu dipandang sebagai pelanggaran kedaulatan Irak.

Irak telah memanggil Duta Besar AS setelah serangan pesawat nirawak pada Jumat (3/1) menewaskan Presiden Iran Qasem Soleimani di dekat Bandara Baghdad. (AFP/OL-2)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More