Rabu 08 Januari 2020, 20:30 WIB

IBSW Minta Pemprov DKI Awasi lagi Hiburan Malam

Mediaindonesia.com | Megapolitan
IBSW Minta Pemprov DKI Awasi lagi Hiburan Malam

Istimewa
Direktur Eksekutif IBSW Nova Andika (ketiga dari kanan), menyerahkan pernyataan sikap IBSW kepada Pejabat Humas Dinas Pariwisata DKI Wildan.

 

DIREKTUR Eksekutif Indonesia Bureaucracy and Service Watch (IBSW), Nova Andika mengaku mendukung penuh upaya Pemda DKI Jakarta dalam memastikan Industri Hiburan malam terbebas dari penyalahgunaan Narkoba di Ibu Kota.

Hal itu diungkapkan Nova saat melakukan Audiensi  dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta, Rabu (8/1).

"IBSW mengapresiasi langkah-langkah Pemprov DKI yang berusaha membersihkan tempat hibutan malam," ujar Nova Andika yang didampingi Sekretaris Eksekutif IBSW Varhan Abdul Aziz, bersama 6 Fungsionaris Tim IBSW Pusat.

Dikatakan Nova IBSW sebagai  LSM yang selalu peduli dengan birokrasi  dan pelayanan publik, pihaknya tegas mendesak Pemda DKI Jakarta, khususnya Gubernur DKI, dan pihak terkait lainnya untuk melanjutkan penindakan tegas kepada setiap usaha hiburan malam lainya, yang terbukti terdapat penyalahgunaan narkoba dilingkunganya yang melibatkan manajemen.

"Tindak lanjut ini harus dilakukan dengan melakukan penutupan, pencabutan izin usaha (TDUP). IBSW meminta Pemda bersama aparat Kepolisian, BNN dan pihak terkait untuk secara rutin melakukan razia dan pemeriksaan terhadap seluruh tempat hiburan tanpa pandang bulu," tegas Nova.

Menurutnya berdasarkan catatan  dan investigasi IBSW banyak tempat hiburan yang terindikasi peredaran narkoba.

"Namun tempat-tempat tersebut kerap luput dari razia.  Hal ini penting untuk membuktikan penertiban dan penegakan hukum yang berkeadilan," ujarnya.

IBSW pun meminta Pemprov DKI Jakarta agar lakukan pembinaan lebih intensif kepada manajemen hiburan malam dalam bentuk kewajiban pembentukan Standard Operating Procedure (SOP), yakni kewajiban manajemen untuk membuat fakta integritas yang ditandatangani  seluruh karyawan untuk berkomitmen tidak menggunakan narkoba. Selain itu mereka juag tidak melakukan pembiaran terhadap peredaran narkoba dan tidak ikut serta dalam peredaran narkoba, serta melakukan sidak pada locker karyawan secara rutin dan berkala.

"Selain itu manajemen secara mandiri dan rutin lakukan tes urin kepada seluruh karyawan dan lakukan tindakan tegas jika ada yang melanggar," imbuh Nova.

IBSW, kata dia, akan terus memonitor keseriusan Pemprov  DKI Jakarta, BNNP DKI, Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya dan Direktorat Tindak Pidana Narkoba Baresjrim Polri untuk secara tegas  menekan dan memberantas peredaran gelap narkoba secara terus menerus dan berkelanjutan.

Pada kesempatan yang sama, pejabat Disbudpar DKI Jakarta mengungkapkan apresiasinya dan menyambut baik dukungan IBSW dalam upaya pemberantasan dan peredaran narkoba terutama di lingkungan industri hiburan malam.

"Kami mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih  atas kepedulian IBSW dalam upaya pencegahan di lingkungan Industri Hiburan Malam di DKI Jakarta dari bahaya peredaran gelap narkoba," ucap Wildan. (RO/A-2)

Baca Juga

MI/Lina Herlina

Polri Tangani 18 Kasus Penimbunan Masker

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Kamis 02 April 2020, 21:55 WIB
Mabes Polri tengah menangani 18 kasus dengan 33 tersangka dalam kasus penimbunan masker dan hand sanitizer hingga Kamis...
MI/Ramdani

Covid-19, Pemprov Klaim Kualitas Udara Jakarta Kalahkan Paris

👤Insi Nantika Jelita 🕔Kamis 02 April 2020, 21:43 WIB
"Kualitas udara Jakarta lebih bagus dari Paris, Melbourne, Vienna dan Singapura," kata Yogi kepada Media Indonesia, Jakarta,...
Antara

Anies: Tingkat Kematian akibat Covid-19 amat Memprihatinkan

👤Selamat Saragih 🕔Kamis 02 April 2020, 20:57 WIB
Anies menyampaikan hal itu dalam video conference dengan Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin yang disiarkan melalui akun YouTube Wapres RI,...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya