Rabu 08 Januari 2020, 18:14 WIB

Anies Disarankan Perbanyak RTH

Cahya Mulyana | Megapolitan
Anies Disarankan Perbanyak RTH

ANTARA/Akbar Nugroho Gumay
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (tengah), Gubernur Banten Wahidin Halim (kiri) dan Gubernur Jabar Ridwan Kamil dalam rapat soal banjir.

 

MANTAN Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat meminta Anies Baswedan selaku Gubernur Ibu Kota saat ini, untuk memperbanyak ruang terbuka hijau (RTH). Hal itu untuk menekan potensi banjir.

Sebab tanpa itu, kata Djarot, Jakarta akan terus menjadi daerah langganan banjir, lantaran wilayah itu merupakan tujuan air dari 13 sungai.

Baca juga: Menko PMK Sebut Banjir Jakarta Masuk Siklus 25 Tahunan

“Nah, sekarang bagaimana alam yang sudah mati, Jakarta yang sudah rusak seperti ini harus kita kembalikan pelan-pelan. Makanya waktu zaman saya dengan Pak Ahok perbanyak ruang terbuka hijau,” katanya di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Rabu (8/1).

Ia menjelaskan Anies perlu membebaskan lahan sebanyak-banyaknya untuk memperbanyak RTH. Kemudian tugas Anies yang tidak kalah penting yakni menambah jumlah pohon, memperdalam waduk, dan sungai.

“Menurut saya (mitigasi banjir) bukan sesaat sebelum musim penghujan. Justru coba pada musim kemarau itulah harusnya lebih giat,” jelasnya.

Selain itu, Djarot juga menyarankan agar Anies bekerja sama dengan pemerintah pusat dalam mengatasi bencana air. Itu karena pusat memiliki program antisipasi banjir dan bakal optimal jika pemerintah Provinsi Jakarta bekerja sama serta menghindari adu narasi yang tidak penting.

“Yang penting kerja dan kemudian bisa dirasakan apa sih kerjanya. Dan sudah bisa dilihat (hasilnya) gitu. Tidak usah banyak omong,” pungkasnya. (Cah/A-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More