Rabu 08 Januari 2020, 16:15 WIB

Indonesia Pertimbangkan Bantuan untuk Kebakaran di Australia

Indriyani Astuti, Emir Chairullah | Politik dan Hukum
Indonesia Pertimbangkan Bantuan untuk Kebakaran di Australia

ANTARA FOTO/Anis Efizudin
Wakil Presiden Ma'ruf Amin (kanan)

 

WAKIL Presiden (Wapres) Republik Indonesia Ma'ruf Amin menyatakan Indonesia sedang memikirkan bantuan yang dapat diberikan kepada Australia. Negara tetangga tersebut sedang dilanda bencana kebakaran hutan yang cukup besar.

"Kita sedang memikirkan peran untuk membantu seberapa perlu tapi belum ditentukan," kata Wapres kepada media di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Rabu (8/1).

Pemerintah Indonesia, sambung Wapres, melalui Kedutaan Besar Republik Indonesia di Australia telah memperingatkan kepada warga negara Indonesia (WNI) yang berada di negara tersebut untuk menjauh dari area kebakaran.

Baca juga: Asap Kebakaran Hutan Australia Telah Mencapai Brasil

Seperti yang diberitakan Media Indonesia pada Selasa (7/12), kebakaran melanda sekitar 160 ribu hektare wilayah Australia, sepertiga di antaranya merupakan kawasan suaka margasatwa yang dilindungi telah hangus terbakar. Kekhawatiran juga muncul terhadap populasi koala dengan 25 ribu ekor atau setengah dari populasi yang ada diduga mati terbakar.

Australia disebut mulai menghitung kerugian dan kerusakan dari salah satu kebakaran hutan terburuk yang dipicu gelombang panas. Terhitung sampai dengan Minggu (5/1), korban tewas bertambah menjadi 24 orang dan ratusan bangunan hancur. Kebakaran juga sempat menyebabkan langit di negara bagian terdampak yang terletak di tenggara Australia, New South Wales (NSW), berubah menjadi hitam dan menurunkan hujan abu.(OL-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More