Rabu 08 Januari 2020, 13:38 WIB

Dana Desa di Temanggung Diprioritaskan Untuk Stunting

Tosiani | Nusantara
Dana Desa di Temanggung Diprioritaskan Untuk Stunting

Antara
Sejumlah ibu hamil melakukan senam khusus pada program Kelas Ibu Hamil di Balai Desa Bengkal, Karanggan, Temanggung, Jawa Tengah

 

PEMKAB Temanggung, Jawa Tengah memprioritaskan penggunaan dana desa tahun 2020 ini untuk bidang pendidikan dan kesehatan, terutama stunting atau gizi buruk. Kepala Bidang Pembangunan Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinpermades) Kabupaten Temanggung, Juli Riastiani, menyampaikan, saat ini pembangunan infrastruktur fisik di wilayah pedesaan sudah cukup. Karena itu, fokus penggunaan dana desa tahun ini untuk sektor pemberdayaan masyarakat.

"Fokusnya untuk bidang pendidikan dan kesehatan. Khususnya penanganan stunting. Jadi tiap desa harus punya data berapa penduduk yang memiliki balita stunting. Dan nantinya harus ada perbandingan setelah menggunakan dana desa itu. Berapa angka stunting yang tertangani atau terentaskan," ujar Juli di Temanggung, Rabu (8/1/2020).

Tahun ini Kabupaten Temanggung menerima dana desa sebesar Rp250.76 miliar. Dana tersebut akan didistribusikan ke 266 desa yang tersebar di 20 kecamatan. Alokasi dana desa tertinggi diterima Desa Gandurejo, Kecamatan Bulu sebesar Rp1,5 miliar. Sedangkan dana desa terendah diterima Desa Kebonagung, Kecamatan Selopampang sebesar Rp759,2 juta.

Juli mengatakan, dalam formulasi dana desa juga terdapat lima desa penerima dana afirmasi. Lima desa itu memiliki jumlah warga miskin paling banyak berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS). Tiap desa itu menerima dana afirmasi sebesar Rp141 juta.

baca juga: Gempa Simeuleu, Delapan Bangunan Rusak Ringan

"Dana desa tahap pertama sebesar 20 persen dijadwalkan cair antara Januari hingga minggu ketiga Juni tahun ini. Syarat pencairan tahap pertama adalah APBD dan Peraturan Bupati (Perbup) tentang dana desa," kata Juli. (OL-3)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More