Rabu 08 Januari 2020, 04:45 WIB

BIJB Kertajati Jadi Embarkasi Haji

(UL/EM/H-1) | Humaniora
BIJB Kertajati Jadi Embarkasi Haji

MI/ Nurul Hidayah
BIJB Kertajati

 

BANDARA Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati ditetapkan sebagai embarkasi dan debarkasi perjalanan haji. Penetapan tersebut ditandai dengan penyerahan surat keputusan Menteri Agama tentang Penetapan BIJB sebagai Embarkasi/ Debarkasi Haji oleh Menag Fachrul Razi kepada Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum, kemarin.

Dengan begitu, jemaah haji Jawa Barat yang hendak menunaikan ibadah ke Arab Saudi dari Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, mulai tahun ini diterbangkan melalui BIJB Kertajati. Juga saat pulang, mereka akan mendarat di BIJB Kertajati. Adapun kuota haji Jabar sebanyak 38. 852 jemaah yang terbagi dalam 97 kelompok terbang.

"Seluruh jemaah haji asal Jabar akan diberangkatkan dengan bus dari Asrama Haji Embarkasi Bekasi, setelah seluruh rangkaian proses customs, immigration, and quarantine, serta layanan satu atap lainnya selesai dilaksanakan di Asrama Haji Embarkasi Bekasi," tutur Fachrul di BIJB Kertajati.

Menag berharap kehadiran embarkasi/debarkasi haji di BIJB Kertajati bisa menambah kenyamanan bagi jemaah haji Jawa Barat. "Kami ingin tahun ini ada pilot project percepatan proses imigrasi saat kepulangan jemaah," ungkap Menag.

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Nizar, menambahkan jika tahun ini pihaknya akan membangun asrama haji di Kabupaten Indramayu. Bahkan, Nizar juga sudah mendapatkan kepastian jika pemda setempat sudah bersedia untuk membangun masjid di lokasi embarkasi. "Terima kasih kepada pemda karena berjanji membangun masjid di asrama haji Indramayu," ungkap Nizar. (UL/EM/H-1)

Baca Juga

Dok MI

Warisan Budaya Harus Mampu Perkuat Nilai Kebangsaan

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 25 November 2020, 18:15 WIB
Nilai kebhinekaan, gotong-royong dan berbagai nilai-nilai luhur lainnya, menurut Reriemerupakan sejumlah nilai yang diwarisi para leluhur...
Antara

Nadiem: Guru Honorer Terima Bantuan Tunai Rp1,8 Juta

👤Faustinus Nua 🕔Rabu 25 November 2020, 18:10 WIB
"Semua operator-operator sekolah dan tenaga pendidik mendapatkan. Jadi sasaran kita sedikit di atas 2 juta orang, kebanyakan adalah...
MI/Cikwan Suwandi

FT Unsika Kembangkan Tepung Terubuk

👤Cikwan Suwandi 🕔Rabu 25 November 2020, 17:55 WIB
TIM Pengabdian Kemitraan Masyarakat Stimulus (PKMS) Fakultas Teknik Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika) mengembangkan inovasi...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya