Selasa 07 Januari 2020, 21:41 WIB

Kerahkan Empat Jet Tempur ke Natuna, TNI AU Fokus Patroli

Dhika Kusuma Winata | Politik dan Hukum
Kerahkan Empat Jet Tempur ke Natuna, TNI AU Fokus Patroli

Antara/Siswowidodo
Jet tempur F-16 Fighting Falcon milik TNI-AU

 

TNI Angkatan Udara mengerahkan empat Pesawat F-16 Fighting Falcon dari Skadron Udara 16 ke perairan Natuna untuk melakukan patroli rutin.

Patroli dengan sandi Operasi Lintas Elang 20 itu akan digelar selama tujuh hari ke depan untuk mengawasi wilayah Natuna yang juga diklaim oleh Tiongkok sebagai wilayahnya.

"Pada dasarnya kita menyiapkan pasukan, penerbang dan armada pesawat yang akan selalu siap untuk melaksanakan operasi, itu tergantung perintah dari pimpinan, Panglima TNI," kata Danlanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Ronny Irianto Moningka dikutip dari laman Lanud Roesmin Nurjadin, Selasa (7/1).

Jet F16 tersebut telah diberangkatkan dari Pangkalan TNI AU Roesmin Nurjadin Pekanbaru. Menurut Ronny, pengerahan tersebut atas perintah Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Baca juga : Mahfud : Nelayan Nusantara Siap Ramaikan Perairan Natuna

Selama patroli digelar, pesawat-pesawat tersebut akan berpangkalan di Pangkalan Udara Raden Sadjad, Ranai-Natuna.

Tim yang akan berpatroli terdiri atas enam penerbang. Sebanyak 60 pasukan teknisi juga diberangkatkan ke wilayah perairan Natuna.

Tugas patroli di wilayah Natuna tersebut untuk menjaga kedaulatan Indonesia. Pengerahan bukan ditujukan untuk memprovokasi atau menimbulkan konflik, khususnya terkait dengan keberadaan kapal patroli Tiongkok.

"Untuk seluruh personel melaksanakan tugas patroli dengan penuh tanggung jawab, pahami seluruh peraturan, SOP yang berlaku. Ingat, jangan membuat provokasi, tugasnya adalah pengamanan wilayah kedaulatan Indonesia," ujar Ronny. (OL-7)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More