Selasa 07 Januari 2020, 21:16 WIB

PMI-Tim SAR Temukan Seratusan Korban Banjir Lebak di Hutan

Antara | Nusantara
PMI-Tim SAR Temukan Seratusan Korban Banjir Lebak di Hutan

Antara
Tim tengah mengevakuasi korban banjir Lebak

 

PALANG Merah Indonesia (PMI) bersama Tim Search and Rescue (SAR) dari TNI dan Polri mendapati seratusan warga korban banjir bandang di Kampung Cigobang, Kabupaten Lebak, Banten di dalam hutan.

"Ada sekitar 150 warga yang mengungsi di dalam hutan dan kondisi memprihatinkan seperti lemas karena mereka sudah sekitar beberapa hari bertahan di hutan untuk menyelamatkan diri saat banjir bandang menerjang perkampungan mereka di Desa Cigobang, Kecamatan Lebak," kata Koordinator Lapangan PMI di Pos Lebak Gedong Awang melalui sambungan telepon, Selasa (7/1).

Informasi yang dihimpun, seratusan warga tersebut menyelamatkan diri dengan naik ke bukit dan hutan dari terjangan bencana banjir bandang beberapa waktu lalu dengan hanya membawa perbekalan seadanya.

Selama berada di hutan mereka memilih bertahan dan takut untuk pulang ke kampungnya karena khawatir terjadi hal yang tidak diinginkan ditambah sebagian rumah warga rusak diterjang bencana tersebut.

Personel PMI bersama Tim SAR gabungan Pos Lebak Gedong yang melakukan penyisiran berhasil menemukan warga dalam kondisi mengkhawatirkan seperti lemas dan ada beberapa diantaranya yang sakit karena selama mereka terisolasi tidak membawa bekal yang mencukupi.

"Para korban terdampak banjir langsung kami evakuasi ke Puskesmas Lebak Gedong dan sebagian di bawa ke Markas Batalyon Mandala Yudha Kostrad Ciuyah, Lebak karena, GOR Futsal Lebak Gedong sudah sangat penuh dengan pengungsi," tambahnya.

Awang mengatakan warga dievakuasi dengan kendaraan roda empat dan ambulans sebab ada sebagian dari mereka yang sakit. Korban banjir ini pun langsung diberikan asupan makanan untuk menambah energi karena selama mengungsi perbekalannya terbatas. (OL-11)
 

Baca Juga

http://www.setwanflotim.florestimurkab.go.id/

Fraksi NasDem DPRD Flotim Alihkan Dana Reses buat Perangi Korona

👤Ferdinandus Rabu 🕔Kamis 02 April 2020, 19:43 WIB
"Kami menyadari negara sedang serus memerangi virus korona ehingga Fraksi NasDem merasa punya tanggung jawab yang...
 ANTARA/Heru Suyitno

Jembatan Ambrol, Jalur Temanggung - Wonosobo Ditutup

👤Antara 🕔Kamis 02 April 2020, 19:29 WIB
Kendaraan roda 6 ke atas lewat jalur melingkar dari...
MI/Bayu Anggoro

Limbah Medis Covid-19 Dikelola BUMD Pemprov Jabar

👤Bayu Anggoro 🕔Kamis 02 April 2020, 19:15 WIB
PEMPOV Jawa Barat telah memiliki badan usaha milik daerah (BUMD) yang khusus menangani limbah medis, termasuk limbah wabah korona saat...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya