Selasa 07 Januari 2020, 19:50 WIB

Esport Berpotensi Masuk Calender of Event Pariwisata Nasional

Akmal Fauzi | Humaniora
Esport Berpotensi Masuk Calender of Event Pariwisata Nasional

MI/Akmal fauzi
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wushnutama Kusubandio bersama Presiden ESPL Giring Ganesha

 

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kusubandio menilai, industri esport atau olahraga elektronik mampu mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif di Indonesia. Menurutnya, esport berpotensi masuk Calender of Event pariwisata nasional.

Hal itu disampaikan usai bertemu Indonesia Esport Premier League (IESPL) di Gedung Sapta Pesona Kemenparekraf, Jakarta, Selasa (7/1).

Wishnutama mengatakan, esport memiliki potensi untuk mendatangkan lebih banyak wisatawan, karena menjadi salah satu bagian dari pengembangan wisata olahraga di Indonesia.

“Esport itu opportunity-nya bagus untuk Indonesia, khususnya bagi generasi muda dan dari awal secara pribadi sudah meyakini bahwa ini bisa menjadi potensi yang luar biasa untuk Indonesia,” kata Wishnutama.

Ia mencontohkan, penyelenggaraan Piala Presiden Esports 2020 yang digelar pada Februari mendatang. Gelaran berskala regional Asia Tenggara itu melibatkan tim-tim esport yang berpotensi menghidupkan potensi ekonomi pariwisata.

Baca juga : One Esports Dota 2 Jakarta Invitational Digelar April

“Ini harus dibangun dan diselenggarakan sebagus mungkin. Dan tentunya melibatkan pemain internasional dan pendukungnya juga diundang,” kata dia.

Wishnutama juga berharap gelaran esport bisa diselenggarakan di destinasi-destinasi wisata yang ada di Indonesia. Hal itu, kata dia, bisa memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat di sekitar destinasi wisata di Indonesia.

Sementara itu, Presiden IESPL yang juga Ketua Penyelenggara Piala Presiden Esports 2020 Giring Ganesha mengatakan babak final akan dilaksanakan pada tanggal 1 dan 2 Februari mendatang di ICE BSD, Tangerang.

Adapun pesertanya yakni Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina, Kamboja dan Vietnam.

“Kita mau bilang kalau Indonesia sudah siap jadi mercusuar Esport Asia Tenggara," kata Giring.

Baca juga : Indonesia Jawara Dunia PUBG Mobile Club Open 2019 Musim Ke-2

Nantinya akan ada 4 gim yang dikompetisikan yakni, Free Fire, Pro Evolution Soccer (PES), gim kasual Mobile Premier League dan satu gim lokal.

“Untuk gim lokal nanti akan kami umumkan resmi,” ujarnya.

Ia menjelaskan, Piala Presiden Esport telah memasuki tahun kedua. Untuk tahun ini, kata dia, sudah menjaring lebih banyak peserta. Bila tahun lalu hanya bisa menjaring 15 ribu pemain, kini 157 ribu lebih pemain. (OL-7)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More