Selasa 07 Januari 2020, 19:25 WIB

Telkom University Raih Predikat Kampus Hijau

Bayu Anggoro | Humaniora
Telkom University Raih Predikat Kampus Hijau

MI/Bayu Anggoro
Rektor telkom university adiwijaya (kanan)

 

TELKOM University berhasil meraih predikat kampus hijau dari dari pemeringkatan Universitas Indonesia (UI) Green Metric. Ini disebabkan perguruan tinggi yang ada di Bandung itu dianggap mampu menciptakan lingkungan yang hijau dan asri.

Rektor Telkom University, Adiwijaya, mengatakan, sebagai perguruan tinggi yang menjunjung tinggi Tri Dharma yakni pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, pihaknya senantiasa berkontribusi terhadap perbaikan lingkungan, khususnya di sekitar kampus.

Berbagai upaya penghijauan dilakukan seperti penanaman pohon dan pembuatan sumur resapan (biopori) pada kampus seluas 50 hektare tersebut.

"Alhamdulillah pada Desember lalu UI (Universitas Indonesia) mengumumkan 10 universitas terbaik di Indonesia dalam UI Green Metric World Ranking 2019. Tel-U berhasil menempati peringkat ke-9 nasional dan peringkat 135 dunia," katanya di Bandung, Selasa (7/1).

Upaya tersebut terus dilakukan pada tahun ini dengan menambah 1.000 biopori di kampus yang berada di Bandung selatan ini.

"Tentu kampus kami membutuhkan lingkungan yang indah dan menyenangkan. Suasana tenang dan damai di bawah pepohonan yang rimbun sangat diinginkan oleh setiap akademisi," katanya seraya menyebut nantinya Telkom University menjadi salah satu lokasi yang memiliki resapan air yang tinggi.


Baca juga: Eksekusi Kasus Karhutla Lamban, Walhi Dorong Perbaikan Gugatan


Lebih lanjut dia mengatakan, berdasarkan pemeringkatan yang diberikan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Telkom University berhasil menduduki predikat sangat baik.

Pada pemeringkatan perguruan tinggi berbasis kinerja pengabdian kepada masyarakat periode 2016-2019, Telkom University terpilih sebagai perguruan tinggi swasta nomor 1 di Indonesia. Prestasi ini sangat membanggakan di saat usia yang tergolong baru yakni ke-6 tahun.

Menurutnya, indikator penilaian pemeringkatan ini adalah perguruan tinggi berbasis Output – Outcome Base, dengan melihat kinerja masukan dengan bobot 40% yang meliputi kinerja Input (15%) dan Proses (25%), serta Kinerja Luaran dengan bobot 60% yang meliputi Kinerja Output (25%), dan Outcome (35%).

Dia juga menambahkan, Telkom University merupakan perguruan tinggi swasta pertama di Jawa Barat dan Banten yang pertama kali mengantongi akreditasi A atau Sangat Baik dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Tidak hanya akreditasi perguruan tinggi, hingga saat ini 71% dari 32 program studi (prodi) yang ada di Telkom University sudah terakreditasi A.

Selain akreditasi nasional, prodi itupun sudah mendapat akreditasi internasional dari ABEST 21, ASIC, dan IABEE.

"Raihan prestasi demi prestasi tersebut tidak lepas dari kerja keras seluruh sivitas akademika Telkom University yang terus membawa nama harum," katanya. (OL-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More