Selasa 07 Januari 2020, 18:06 WIB

Kembali jadi Hakim Konstitusi, Suhartoyo: Tantangannya Masih Sama

Andhika Prasetyo | Politik dan Hukum
Kembali jadi Hakim Konstitusi, Suhartoyo: Tantangannya Masih Sama

ANTARA
Dua hakim MK Daniel Yusmic dan Suhartoyo.

 

SUHARTOYO kembali mengemban tugas sebagai hakim konstitusi untuk periode 2020-2025. Hakim yang berasal dari Mahkamah Agung itu kembali kembali diusulkan karena memenuhi kriteria untuk menjadi hakim konstitusi lagi.

Suhartoyo menyebut tugasnya di periode pertama dan kedua tidak ada beda. Tantangan yang dihadapi pun akan tetap sama.

Baca juga: Jokowi Lantik Suhartoyo dan Daniel Yusmic Jadi Hakim MK

"Periode kedua juga akan ketemu pengujian Undang-undang yang memang jadi core bisnis Mahkamah Konstitusi (MK). Ketemu Pilkada, Pileg, Pilpres, jadi saya kira seperti sebelumnya saja," ujar Suhartoyo usai dilantik di Istana Negara, Jakarta, Selasa (7/1).

Dalam masa tugas keduanya kali ini, ia juga memastikan akan terus memegang teguh prinsip independensi. Ia menjamin setiap keputusan yang diputuskan olehnya sebagai hakim konstitusi selalu dan akan terus berpegang teguh pada hukum, keadilan dan independensi.

"Selama periode berjalan, tidak pernah ada putusan perkara yang didasarkan pada pesanan. Tidak ada boncengan kepentingan. Dipesan presiden pun saya tidak mau. Saya tidak boleh dipesan siapapun. Tidak boleh ada gangguan kepentingan yang bisa pengaruhi keputusan saya," tegas dia. (OL-6)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More