Selasa 07 Januari 2020, 16:39 WIB

Arca Ganesha di Situs Dieng Kenakan Jarik Motif Bulat

Tosiani | Nusantara
Arca Ganesha di Situs Dieng Kenakan Jarik Motif Bulat

MI/Tosiani
Proses pengangkatan arca ganesha di Situs Dieng

 

ARCA ganesha terbesar yang ditemukan di Situs Dieng, tepatnya di Desa Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, terbilang unik karena mengenakan jarik motif bulat-bulat. Hal ini yang membedakan dari arca ganesha lainnya.

"Kalau saya melihat ini juga sebetulnya rata-rata konsep ganesha hampir sama, cuma variasinya saja yang mungkin agak berbeda. Karena kalau di sini menggunakan jarik yang ada motif hiasnya. Rata-rata kan jarang, biasanya polos. Tapi ini ada motif-motif detailnya. Motif bulat-bulat," kata Kepala Unit Candi Dieng Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jateng Eri Budiarto, Selasa (7/1).

Hanya saja, pihaknya masih belum bisa mendeskripsikan arca lebih lanjut karena data yang ditemukan belum lengkap. Ia masih menunggu bagian kepala, tangan dan belalai yang terpisah untuk ditemukan. Bagian kepala amat penting untuk menjelaskan secara detail perihal temuan arca ganesha.

"Kadang kan yang membedakan itu kepala. Seperti matanya, rambutnya dan lain-lain, yang penting di kepalanya. Tapi ini yang agak spesifik selain ukuran arca besar baru pertama ada di Dieng dan jariknya ada motif hias, tidak hanya polos seperti arca ganesha lain," ungkapnya.

Baca juga: Arca Ganesha Terbesar di Desa Dieng Wetan Diangkat

Sebelumnya, arca Ganesha dari batu andesit itu ditemukan petani saat sedang mencangkul di ladang pada kedalaman 50 sentimeter, akhir Desember lalu. Arca dengan tinggi 140 sentimeter dan lebar 120 sentimeter ditemukan dengan kondisi tidak berlengan dan tanpa kepala. Saat ditemukan, posisi arca dalam keadaan roboh.

Ukuran besar arca ini baru pertama kali ditemukan di kawasan Dieng. Sebelumnya, di tempat lain sudah ada yang ukurannya lebih besar. Seperti arca ganesha di kawasan Ratu Boko, tepatnya dekat Candi Ijo, ukuran arca ganeshanya lima kali lipat lebih besar dari arca yang baru ditemukan di Dieng ini. Pun arca ganesha di daerah Boyolali, ukurannya lebih besar dari arca ini.

"Sebelumnya, temuan arca ganesha di Dieng ukurannya kecil-kecil, sekitar 80-90an cm tingginya. Ini yang terbesar," pungkasnya.(OL-5)
 

Baca Juga

MI/Heri Susetyo

Tersangka Fetish Kain Jarik Terancam 6 Tahun Penjara

👤Heri Susetyo 🕔Sabtu 08 Agustus 2020, 15:05 WIB
Gilang ditangkap di Dusun Margasari Desa Terusan Mulia, Kecamatan Bataguh, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, Kamis...
MI/MOHAMAD IRFAN

NasDem Siapkan Lima Paslon Maju Pilkada di 5 Daerah Jabar

👤Benny Bastiandy 🕔Sabtu 08 Agustus 2020, 13:05 WIB
NasDem mempersiapkan penyerahan formulir B1 KWK sebagai syarat resmi pendaftaran bakal pasangan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah...
ANTARA FOTO/Bayu Pratama S

DIY Belum Putuskan Penerapan Kurikulum Darurat

👤Ardi Teristi Hardi 🕔Sabtu 08 Agustus 2020, 13:01 WIB
Disdikpora DIY akan mengevaluasi penerapan kurikulum yang dipakai pada semester sebelumnya dan menyandingkannya dengan kurikulum darurat...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya