Selasa 07 Januari 2020, 14:52 WIB

4 Jet Tempur F-16 Lanud Pekanbaru Dikerahkan ke Natuna

Rudi Kurniawan | Politik dan Hukum
4 Jet Tempur F-16 Lanud Pekanbaru Dikerahkan ke Natuna

Antara
F-16

 

PANGKALAN Udara (Lanud) Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Riau, kemarin, mengerahkan 4 jet tempur F-16 ke Pulau Natuna, Kepulauan Riau untuk mendukung operasi patroli kedaulatan di perairan Natuna Utara.

Selain dari bagian operasi rutin dengan sandi lintas elang 20, pengiriman pesawat tempur beserta 6 penerbang, dan 60 teknisi itu juga seiiring dengan kian meningginya tensi ketegangan di kawasan yang saat ini diklaim sebagai perairan tradisional oleh Tiongkok.

"Ini sebagai bagian dari tugas pengamanan wilayah kedaulatan Indonesia," kata Komandan Lanud Roesmin Nurjadin Marsekal Pertama (Marsma) Ronny Irianto Moningka di Pekanbaru, kemarin.

Ronny menjelaskan, penerbangan jet tempur dari Skuadron 16 Lanud Roesmin Nurjadin merupakan operasi rutin wilayah barat yang saat ini sedang digeser ke wilayah Natuna. Operasi tersebut bukan untuk menimbulkan konflik atau bahkan memprovokasi pihak lain.

Dia mengungkapkan, rencananya operasi akan dilaksanakan selama sepekan ke depan. Adapun 4 jet tempur F-16 bersama pesawat Hercules yang mengangkut 60 teknisi akan langsung menuju Lanud Raden Sadjat Ranai, Natuna.

"Seluruh personil pasukan, armada, dan pesawat selalu siap untuk melaksanakan operasi. Sesuai perintah pimpinan, Panglima TNI," jelas Komandan Lanud terkuat TNI AU di wilayah barat itu.(OL-11))

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More