Selasa 07 Januari 2020, 13:57 WIB

Jasad Qassem Soleimani Tiba di Kerman Untuk Dimakamkan

Rifaldi Putra Irianto | Internasional
Jasad Qassem Soleimani Tiba di Kerman Untuk Dimakamkan

Atta Kenare/AFP
Masyarakat Iran menghadiri pemakaman almarhum Mayjen Qasem Soleimani di kampung halamanya, Kerman, Selasa (7/1). -

 

JENAZAH perwira tinggi militer Iran Mayor Jenderal Qasem Soleimani tiba di Kampung halamannya di Kerman, Iran. Untuk dimakamkan pada Selasa, (7/1).

Dilansir kantor berita Iran, IRNA. Ribuan orang yang berasal dari Ibu kota Tehran serta kota-kota lain di Provinsi Kerman telah berkumpul di alun-alun utama kota Kerman untuk menyambut Jenazah Jenderal Soleimani.

Para warga juga terlihat membawa bendera Iran dan gambar-gambar Jenderal Soleimani dengan iringan nyanyian berkabung yang terdengar dari pengeras suara.

Jenazah Soleimani nantinya akan di baringkan di pemakaman yang juga sudah menampung sejumlah martir lainnya. Komandan telah meminta penguburan di tempat yang sama sesuai dengan perjanjian tertulis.

Baca juga : Iran Akan Balas AS Atas Pembunuhan Soleimani

Sejumlah warga yang memadati prosesi pemakaman terdengar meneriakkan selogan-seloga yang menggemakan amarah mereka terhadap Amerika Serikat (AS) dan menjanjikan balas dendam dari mereka yang merencanakan dan melaksanakan pembunuhan Jenderal Soleimani.

Upacara pemakaman hari ini juga menandai berakhirnya masa berkabung tiga hari untuk Komandan pasukan Quds tersebut. Yang telah dibunuh pada Jumat lalu dalam serangan udara AS, di Baghdad Irak.

Diketahui, selama tiga hari masa berkabung, Jutaan orang Iran mengucapkan selamat tinggal dan memberikan penghormatan terakhirnya kepada Jenderal Soleimani di berbagai kota di Iran.

Baca jugaTrump Tidak Takut Ancaman Iran dan Siap Gempur Iran Lagi

Jutaan orang tutun ke jalan pada Minggu (5/1) dan Senin (6/1) lalu untuk mengutuk aksi teror AS, mereka turun ke jalan-jalan memegang foto-foto Jenderal Soleimani beserta bendera Iran sambil meneriakan "Turunkan AS!" dan "Turunkan Israel!".

Pemimpin tertinggi Iran telah menyerukan aksi militer proporsional terhadap kepentingan AS dalam menanggapi kejahatan keji yang dilakukan AS terhadap komandan Iran dalam misi diplomatik ke Baghdad. (IRNA/Rif/OL-09)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More