Selasa 07 Januari 2020, 13:20 WIB

Warga Iran Ramaikan Pemakaman Soleimani

Basuki Eka Purnama | Internasional
Warga Iran Ramaikan Pemakaman Soleimani

AFP/MEHDI MARIZAD / FARS NEWS
Peti jenazah yang mengangkut jenazah Qasem Soleimani tiba di Kota Qoms, Senin (6/1).

 

WARGA Iran berkumpul di Kota Kerman, Selasa (7/1), untuk menghadiri pemakaman Jenderal Qasem Soleimani dalam rangkaian akhir prosesi pemakaman pimpinan militer yang tewas dalam serangan pesawat nirawak Amerika Serikat (AS).

Jumlah pelayat yang hadir di kota kelahiran komandan Garda Revolusi Iran itu tampaknya menyamai jumlah ornag yang hadir di Teheran, Qom, Mashhad, dan Ahvaz.

Para pelayat itu berkumpul mulai dari Lapangan Azadi tempat dua peti jenazah berselimutkan bendera ditempatkan. Peti jenazah kedua disebut berisi jenazah ajudan Soleimani, Brigadir Jenderal Hossein Pourjafari.

"Kita berada di sini untuk memberikan penghormatan bagi seorang jenderal besar," ujar seorang pelayat yang datang dari Kota Shiraz untuk menghadiri pemakaman di Kerman.

Baca juga: Terkait Iran, Bolsonaro Tegaskan Dukungan untuk Trump

"Haji Qasem bukan hanya dicintai di Kerman atau Iran namun di seluruh dunia," kata pelayat lainnya Hemmat Dehghan.

"Keamanan seluruh dunia, muslim, syiah, Irak, Suriah, Afghanistan, dan terutama Iran adalah berkat dirinya," imbuh veteran perang berusia 56 tahun itu.

Soleimani tewas di luar bandara Baghdad, Jumat (3/1), dalam sebuah serangan nirawak yang diperintahkan oleh Presiden AS Donald Trump. Serangan itu meningkatkan ketegangan di kawasan dengan Iran berjanji akan melancarkan serangan balasan.

Soleimani dijadwalkan dimakamkan di pemakaman martir antara pukul 14.00 dan 16.00 waktu setempat atau pukul 17.30 WIB dan pukul 19.30 WIB. (AFP/OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More