Selasa 07 Januari 2020, 15:30 WIB

Belajar Melawan Hoaks dari Negeri Paman Sam (3)

Zilvia Iskandar dari Amerika Serikat | Humaniora
Belajar Melawan Hoaks dari Negeri Paman Sam (3)

Zilvia Iskandar/Metro TV
Peserta IVLP mengikuti Data Journalism Workshop bersama Jennifer LaFleur, Data Journalist-in-Residence di School of Communication, American

 

Data Kuat Hasilkan Cerita Kuat

KEMAMPUAN jurnalis dalam mengumpulkan dan mengolah data juga menjadi penentu dalam menghasilkan karya jurnalistik yang akurat dan kredibel. Jurnalis Metro TV, Zilvia Iskandar, bertemu dengan Jennifer LaFleur, Data Journalist in Residence di School of Communication, American University.

Jennifer berbicara soal jurnalisme data. Ia menekankan bahwa data adalah fondasi dari cerita.

"Data yang kuat akan menghasilkan cerita yang kuat. Tugas jurnalis adalah mengumpulkan data yang dinilai penting, menyusunnya dengan rapi, dan menampilkan data tersebut dengan cara yang atraktif," ujarnya.

Masalahnya, data sering kali tersebar di banyak tempat dan berantakan. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengumpulkan data di internet. Salah satunya adalah web scraping.
 

Baca juga: Jangan Ragu Minta Warganet Mengecek


Web scraping merupakan proses ekstraksi data dari berbagai situs dan menyimpannya ke satu file atau database. Web scraping bisa membantu mengumpulkan data yang banyak dengan lebih cepat karena tidak perlu copy paste satu per satu.

Data yang banyak itu kemudian diubah menjadi data yang lebih terstruktur, sehingga memudahkan proses analisa data. Selain teknik web scraping, Jennifer juga merekomendasikan beberapa aplikasi untuk mengolah data, seperti Tabula, OpenRefine, dan Document Cloud.

Hal-hal penting yang perlu dilakukan dalam proses mengolah data menjadi karya jurnalistik adalah mengonfirmasi kebenaran data ke sumber data, memeriksa data ke para ahli, dan mengecek ke lapangan.

Setelah semua data yang dibutuhkan terkumpul, Jennifer menekankan bahwa data tidak selalu disajikan dalam bentuk kolom dan garis. Agar lebih menarik untuk dibaca, ditonton, atau didengar, data bisa disajikan dalam bentuk grafik seperti gambar, peta, statistik, maupun suara (Bersambung....) (Ade Alawi/OL-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More