Selasa 07 Januari 2020, 07:00 WIB

Basuki Tjahaja Purnama Berkah Awal Tahun

Insi Nantika Jelita | Hiburan
Basuki Tjahaja Purnama Berkah Awal Tahun

ANTARA
Basuki Tjahaja Purnama

 

KABAR bahagia di awal 2020 datang dari Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama (BTP), 53, atau kerap disebut Ahok. Di pernikahan keduanya dengan Puput Nastiti Devi, 22, putra pertama mereka lahir ke dunia melalui proses caesar pada Senin (6/1), pukul 08.50 WIB di RS Ibu dan Anak Bunda, Menteng, Jakarta Pusat.

Si bayi mungil dengan berat 3,66 kilogram dan panjangnya 52 cm, itu, diberi nama Yosafat Abimanyu Purnama. Mantan Gubernur DKI Jakarta, Djarot Syaiful Hidayat, membeberkan makna yang terkandung dari nama putra Ahok tersebut. Diambil dari tokoh wayang, Abimanyu merupakan anak dari Arjuna dengan Subadra.

"Abi itu berani. Maka diharapkan dia menjadi anak yg berani, tapi tutur katanya santun, tenang, dan membela kebenaran. Itu (arti) nama Abimanyu," ungkap Djarot.

Untuk nama Yosafat, sambung Djarot, diambil dari sebuah kisah di Alkitab. Sementara itu, Purnama merupakan nama belakang Ahok.

Kabar kelahiran putra pertama Ahok dan Puput itu juga dibagikan oleh Ketua DPRD DKI Prasetyo Edi Marsudi melalui akun media sosialnya. "Saya dan keluarga mendoakan Yosafat Abimanyu Purnama menjadi anak yang berbakti kepada kedua orangtua, agama, bangsa, dan negara, amin," ucap Prasetyo dalam foto yang diunggahnya, kemarin.

Foto pertama memperlihatkan Puput yang terbaring di tempat tidur rumah sakit seusai menjalani persalinan. Terlihat dalam foto itu, Ahok, Djarot, Prasetyo, dan seorang perempuan.

Sebelumnya, pada Oktober 2019, Prasetyo pernah membagikan foto mitoni (upacara tujuh bulanan) Puput yang dilakukan berdasarkan adat Jawa. Keduanya juga kompak mengenakan pakaian Jawa.

 

Bawa harapan

Terkait nama Yosafat, Ahok pernah menyampaikan nama anaknya itu saat ia menjadi seorang pembicara di Seminar Pembinaan Rohani Kristen di Gereja Reformed Injil Indonesia, Samarinda, Kalimantan Timur, yang kemudian diunggah ke kanal Youtube Panggil Saya BTP pada 17 Juli 2019 lalu.

Laki-laki kelahiran Manggar, Belitung Timur, 29 Juni 1966, itu, bercerita tentang rencananya memberikan nama kepada anaknya yang saat itu belum lahir, Ahok menyebut nama Yosafat. "Kalau sekarang saya punya anak laki-laki? Mau saya kasih nama apa? Yosafat, karena musuh yang saya hadapi sekarang saya kalah kekuatan," katanya ketika itu.

Yosafat Abimanyu Purnama ialah putra hasil pernikahan Ahok yang kedua dengan Puput Nastiti Dewi. Sebelumnya, dengan istri terdahulu, Veronica Tan, Ahok telah dikaruniai tiga anak. Ahok resmi bercerai dengan Veronica pada 2018 dan menikahi Puput pada Februari 2019 lalu.

Pernikahan berlangsung setelah mantan Gubernur DKI Jakarta itu bebas dari bui pada bulan sebelumnya atas kasus penodaan agama yang menjeratnya pada 2007.

Pertemuan Ahok dan Puput sebenarnya dimulai pada 2016. Kala itu, Puput berprofesi sebagai polwan bertugas untuk mengawal Veronica Tan. Sejak saat itu, Ahok yang tengah di penjara di Mako Brimob mulai sering melihat Puput karena selalu mengikuti Veronica Tan. (Ths/H-2)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More