Selasa 07 Januari 2020, 04:50 WIB

Milenial Kata Terpopuler di 2019

(Aiw/Medcom.id/H-2) | Humaniora
Milenial Kata Terpopuler di 2019

Medcom.id/Muhammad Syahrul ramadhan
Jumpa Pers Kata Terpopuler 2019 yang digelar Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbud.

 

BADAN Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menetapkan kata milenial sebagai kata terpopuler di Indonesia pada 2019. "Kata milenial merupakan kata yang tepat untuk dijadikan kata tahun ini pada 2019. Pemilihan kata milenial ditinjau, baik dari segi popularitas, penggunaan, maupun distribusinya," ujar Plt Direktur Jenderal Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Dadang Sunendar di Jakarta, kemarin.

Pihaknya menggunakan pendekatan kuantitatif dari data statistik Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) daring dan secara kualitatif berdasarkan Google Trends. Dadang menyampaikan, KBBI mencatat 15 kata yang memiliki jumlah pencarian tertinggi selama 2019, yaitu kerja sama, praktik, analisis, risiko, memengaruhi, izin, aktivitas, milenial, survei, daring, zaman, hoaks, detail, dan sistem. Kata milenial merupakan salah satu kata dalam daftar tersebut dengan jumlah pencarian sebanyak 19.834 pencarian.

Dadang melanjutkan, kata milenial juga menandai berbagai peristiwa. Mulai festival keselamatan hingga staf khusus milenial yang didapuk oleh Presiden Joko Widodo. "Juga, dalam komunikasi lisan maupun komunikasi tulis di media sosial. Selain itu, juga kata milenial dikenal dan digunakan oleh berbagai kalangan untuk mengidentifikasi perilaku dan generasi yang memiliki karakteristik tertentu," jelasnya. (Aiw/Medcom.id/H-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More