Senin 06 Januari 2020, 23:15 WIB

BRI Siap Salurkan KUR Rp120 Triliun pada 2020

MI | Ekonomi
BRI Siap Salurkan   KUR Rp120 Triliun pada 2020

youtube
Direktur Utama Bank BRI Sunarso

 

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk menyatakan siap untuk menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) senilai Rp120,2 triliun dengan bunga 6% pada 2020.
 
Direktur Utama Bank BRI Sunarso menyatakan bahwa perseroan akan terus mendorong penyaluran KUR ke sektor produksi hingga mencapai 60%. Sektor ini menjadi prioritas lantaran dapat memberikan efek berantai ke sektor ekonomi lainnya.

“Sektor produksi akan menjadi fokus utama penyaluran karena memberikan multiplier effect yang lebih besar, baik dalam hal penciptaan lapangan pekerjaan serta memberikan dampak yang lebih masif terhadap roda perekonomian nasional,” kata dia melalui keterangan resmi, Senin (6/1).

Mengingat besarnya KUR yang akan disalurkan, pihaknya pun telah menyiapkan strategi untuk penyaluran KUR pada 2020. Di antaranya melalui pemanfaatan 415 ribu agen BRILink sebagai referral pinjaman KUR serta pembentukan cluster UMKM unggulan di masing-masing wilayah.

“Kami juga akan terus melakukan sinergi dengan BUMN lain, seperti di antaranya dengan Permodalan Nasional Madani (PNM) melalui program naik kelas nasabah Mekaar,” ungkap Sunarso.

Selain itu, lanjutnya, Bank BRI juga akan intensif meningkatkan kerja sama dengan kementerian dan lembaga negara untuk mengakselerasi penyaluran KUR.

Seperti sinergi dengan Kementerian Pertanian melalui program Kartu Tani, Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui program Kartu Kusuka, Kementerian Ketenagakerjaan melalui program Desmigratif dan dengan Badan Pengelola Dana Perkebunan (BPBD) melalui KUR Replanting Sawit.
Bank BRI juga terus mendukung program Kementerian Koperasi & UKM agar UMKM dapat mengakses dana atau mendapatkan permodalan dari perbankan, serta turut memasarkan UMKM Indonesia ke pasar mancanegara.

Pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian telah meningkatkan plafon KUR, dari Rp140 triliun pada 2019 menjadi Rp190 triliun pada 2020 serta menurunkan suku bunga dari 7% menjadi 6%. (Fan/E-3)

Berita Terkini

Read More

BenihBaik.com

Read More

Berita Populer

Read More