Senin 06 Januari 2020, 15:00 WIB

Komisi I: Pemerintah Harus Percepat Program MEF

Putri Rosmalia Octaviyani | Politik dan Hukum
Komisi I: Pemerintah Harus Percepat Program MEF

dpr.go.id
Anggota Komisi I DPR, Darizal Basir

 

ANGGOTA Komisi I DPR, Darizal Basir, mendorong pemerintah agar mempercepat penyelesaian program Minimum Essential Force (MEF) atau modernisasi alat utama sistem pertahanan (alutsista), khususnya di matra laut dan udara.

Dikatakan Darizal, Kementerian Pertahanan harus segera melakukan aksi konkret untuk menjaga wilayah kedaulatan Indonesia. Terutama wilayah perairan Natuna Utara yang saat ini diklaim oleh pemerintah Tiongkok.

"Ancaman militer dari luar semakin jelas. Tidak ada pilihan lain, pemerintah melalui Kementerian Pertahanan harus segera melakukan percepatan realisasi MEF tahap ini, khususnya di matra laut dan udara," ujar Darizal, dalam keterangannya, Senin (6/1).

Baca juga: BPLN untuk Sederhanakan Regulasi di Berbagai Sektor

Saat ini, alat utama sistem persenjataan yang dimiliki tiga matra TNI belum memenuhi kekuatan pokok minimum atau MEF.

Darizal mengatakan, tidak ada toleransi untuk siapapun yang mencoba mengklaim wilayah kedaulatan Indonesia., baik di darat maupun di laut. TNI juga harus meningkatkan patroli pengawasan khususnya di sepanjang zona ekonomi ekslusif yang rawan seperti laut Natuna.

"Prinsip hubungan bilateral antar dua negara harus dilandasi oleh semangat kesetaraan, saling menghormati wilayah kedaulatan masing-masing," ujar Darizal.

Sebagai sahabat, dikatakan Darizal, mestinya Pemerintah Tiongkok menghormati wilayah kedaulatan Indonesia. Apalagi terkait batas wilayah perairan laut sudah diputuskan di PBB.

"Jika Pemerintah Tiongkok masih bersikeras, Saya kira sepatutnya dievalusi lagi hubungan kerjasama Indonesia-Tiongkok selama ini," ujar Darizal. (OL-6)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More