Senin 06 Januari 2020, 08:30 WIB

Gibran Mulai Menyapa Warga Surakarta

Ardi Teristi Hardi | Politik dan Hukum
Gibran Mulai Menyapa Warga Surakarta

MI/Widjajadi
Gibran Makin Rajin Blusukan Kampung Selama Pencalonan diri Sebagai Balon Walikota.

 

BAKAL calon Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabu-ming Raka, membantah adanya dinasti politik dalam pencalonannya melalui Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) pada Pilkada 2020.

"Saya dalam pencalonan ikut kontestasi seperti biasa, bisa menang dan bisa kalah, bisa dicoblos bisa juga tidak," tegasnya di sela menghadiri acara Perkenalan, Silaturahim, dan Umbul Donga Mas Gibran di Kampung Ngaglik, Jebres, Solo, kemarin.

Oleh karena itu, ia berharap pencalonannya tidak dikaitkan dengan dinasti politik karena anak Presiden. "Saya maju melalui tahapan-tahapan yang harus dilalui seperti bakal calon lainnya, dan semuanya melalui proses demokrasi," ujarnya.

Ia menambahkan, dari awal ikut proses pencalonan seperti biasa dan tidak ditunjuk oleh bapaknya menjadi calon wali kota. "Semuanya melalui proses transparan sesuai demokrasi yang ada. Jadi, tidak ada yang namanya dinasti politik. Jika ada dinasti politik, dirinya tidak mungkin harus bekerja keras bertemu dengan masyarakat seperti ini."

Gibran meminta doa restu dari warga Surakarta agar prosesnya dilancarkan dan pada waktunya ia bakal menyampaikan visi-misinya dalam membangun Kota Surakarta ke depan.

Acara perkenalan tersebut dihadiri ribuan warga dan relawan serta dimeriahkan dengan kesenian reog ponorogo. "Saya hadir di tengah masyarakat Mojosongo hanya untuk sowan, silaturahim, sekaligus mendengar masukan warga."

Di sisi lain, setelah gagal dalam Pileg 2019, putra Amien Rais, Ahmad Mumtaz Rais, mendaftarkan diri sebagai calon Bupati Sleman lewat Partai Amanat Nasional. Namun, Ketua DPD PDIP DIY, Nuryadi, menegaskan tidak gentar menghadapinya.

"Siapa pun lawan (dalam pilkada Sleman) kami akan menang dengan cara-cara terhormat," kata Nuryadi.

Menurut dia, PDIP punya semangat gotong royong untuk memenangkan calon kepala daerah yang diusung dalam Pilkada 2020, termasuk di Sleman. Sejauh ini sudah 11 nama bakal calon yang mendaftar melalui PDIP. (AT/Ant/P-3)

Baca Juga

ANTARA/Mohammad Ayudha

Bawaslu Sayangkan Rendahnya Tingkat Kampanye Daring

👤Anggitondi Martaon 🕔Selasa 27 Oktober 2020, 11:08 WIB
Mayoritas paslon Pilkada 2020 lebih memilih kampanye tatap muka. Metode ini dianggap rawan menyalahi aturan, salah satunya ketentuan...
ANTARA/Muhammad Adimaja

Dalam Setahun, Kejagung Jatuhkan Sanksi pada 109 Jaksa

👤Tri Subarkah 🕔Selasa 27 Oktober 2020, 07:58 WIB
Pemeriksaan oleh Direktorat Jamwas dilakukan guna menilai tingkat kebenaran dari aduan...
ANTARA/Basri Marzuki

KPU Tetapkan Jumlah DPT Pilkada 2020

👤Anggitondi Martaon 🕔Selasa 27 Oktober 2020, 07:41 WIB
Jumlah pemilih yang masuk DPT mencapai 100.359.152...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya