Minggu 05 Januari 2020, 19:35 WIB

I Gusti Bagus Paling Berpeluang Lolos ke Olimpiade 2020

Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Olahraga
I Gusti Bagus Paling Berpeluang Lolos ke Olimpiade 2020

MI/ROMMY PUJIANTO
Pebalap sepeda bmx Indonesia I Gusti Bagus Saputra menerima medali perak nomor final bmx Asian Games 2018 di Pulo Mas International BMX,

TIM balap sepeda Indonesia hingga saat ini masih belum meloloskan satu pun atletnya untuk berpartisipasi di Olimpiade Tokyo 2020.

Meski begitu, tim sepeda nomor disiplin BMX punya kans besar untuk meloloskan atletnya ke Olimpiade. Salah satunya pembalap andalan Indonesia yang berpeluang adalah peraih medali perak di Asian Games 2018 I Gusti Bagus Saputra.

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi (Kabid Binpres) Pengurus Besar Ikatan Sepeda Sports Indonesia (PB ISSI), Budi Saputra mengatakan bahwa Bagus merupakan atlet BMX Merah-Putih dengan poin tertinggi saat ini.

Tercatat, Bagus saat ini telah mengumpulkan 400 poin dan sementara duduk di peringkat 43 dunia.

"Peluang balap sepeda untuk lolos itu ada didisipilin BMX. Atletnya ada bagus Saputra, poin dia sekarang paling tinggi," ujar Budi kepada Media Indonesia, Minggu (5/4).

Budi mengaku bahwa atletnya tak memiliki kendala apapun saat berlatih, meski venue BMX Pulo Mas di Jakarta Timur mengalami kerusakan akibat peristiwa banjir yang melanda Jakarta.


Baca juga: Hafiz/Gloria Targetkan Tembus Olimpiade 2020 Tokyo


Meski sudah tak terendam banjir, venue BMX Pulo Mas mengalami kerusakan seperti lapisan atas track yang mengelupas. Maka dari itu, skuat BMX Indonesia akan dipindahkan tempat latihannya ke BMX Youth Centre, Mlati, Sleman, pada Minggu depan.

"Saya berharap dengan makin dekatnya ke Kejuaraan Dunia BMX 2020, Bagus bisa fokus demi mendapatkan poin terbaik. Persiapan ia juga tak masalah karena fasilitas di Yogyakarta sama bagusnya dengan di Pulo Mas," ucap Budi.

Kualifikasi Olimpiade 2020 untuk cabor balap sepeda punya tiga metode untuk meloloskan pesepeda, yaitu peringkat negara, individual rangking, dan hasil di Kejuaraan Dunia BMX 2020.

Indonesia sendiri berpeluang meloloskan atletnya melalui metode peringkat pernegara. Saat ini, tim Merah Putih duduk di peringkat 19 dunia. Agar bisa lolos, Indonesia setidaknya harus berada di 11 besar.

"Makanya saya ingin para atlet mengikuti sebanyak-banyaknya kejuaraan. Khusus Bagus, ia harus jadi juara di ajang CI International demi mempermulus jalannya ke Olimpiade," tutur Budi.

Terdekat, Kejuaraan Dunia BMX 2020 akan diadakan di Shepparton dan Bathurst, Australia. Perlombaan di Shepparton bakal berlangsung pada 1-2 Februari, sementara di Bathurst pada 8-9 Februari mendatang. (OL-1)

 

Baca Juga

MI/Bary Fathahilah

Optimalkan Potensi Desa untuk Tangulangi Covid-19

👤Ardi Teristi 🕔Kamis 02 April 2020, 17:40 WIB
Ketua Komisi A DPRD DIY merekomendasikan potensi desa untuk diberdayakan melakukan penyemprotan disinfektan di wilayah sekaligus melakukan...
AFP/AL BELLO

Andy Murray dan Federer Berambisi Kembali ke Wimbledon pada 2021

👤Akmal Fauzi 🕔Kamis 02 April 2020, 16:00 WIB
Untuk pertama kali sejak Perang Dunia II, turnamen tenis Grand Slam Wimbledon tidak digelar karena covid-19. Andy Murray dan Roger Fededer...
AFP/PIERRE-PHILIPPE MARCOU

Tim MotoGP Usul Gelar Tes Pramusim Tambahan

👤Akmal Fauzi 🕔Kamis 02 April 2020, 10:59 WIB
Pandemi virus korona (Covid-19) membuat lima seri balap pertama MotoGP 2020 gagal dihelat sesuai jadwal...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya