Sabtu 04 Januari 2020, 19:59 WIB

Operasi Modifikasi Cuaca, Hujan Turun di Sisi Barat Jabodetabek

Mediaindonesia.com | Megapolitan
Operasi Modifikasi Cuaca, Hujan Turun di Sisi Barat Jabodetabek

Dok.BPPT
Operasi Tim Modefikasi Cuaca

 

KEPALA Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Hammam Riza, menuturkan bahwa Operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) telah melakukan dua kali penerbangan pada hari ini. Hasilnya bahwa pertumbuhan awan terkonsentrasi di sisi Barat dari wilayah Jabodetabek.

"Kemarin kita sudah terbang sebanyak 4 sorti. Hari ini sudah dua sorti, dari rencana empat sorti penerbangan," jelas Hammam di Jakarta, Sabtu, (04/01/2020).

Berdasarkan data dari Posko TMC di Lanud Halim Perdana Kusumah, hari ini Operasi TMC dilakukan dengan menggunakan dua pesawat yakni,  CN 295 A-2901, dan CASA 212 A-2105.

"Pesawat mulai diterbangkan pada pukul 12.00 siang. CN 295 membawa bahan semai sebanyak 2.400 Kg, menuju Barat - Barat Daya Jabodetabek. Untuk CASA 212 membawa 800 Kg bahan semai, menuju Selatan Jabodetabek," jelasnya.

Berdasar data yang diterima Posko Operasi TMC di Halim, yang juga bekerjasama dengan BNPB, BMKG dan TNI AU, ditunjukkan bahwa pertumbuhan awan terkonsentrasi di sisi Barat dari wilayah Jabodetabek.

Operasi TMC ini pun berfokus pada awan-awan yang diperkirakan masuk DKI, agar dapat disemai sebelum masuk ke wilayah DKI dan sekitarnya.

"Maka itu, kemarin dan hari ini pesawat TMC langsung diterbangkan guna menyemai awan. Hasilnya alhamdulillah, hujan terjadi di area penyemaian, seperti di atas Selat Sunda, dan Kepulauan Seribu," pungkas Hammam. (RO/OL-4)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More