Sabtu 04 Januari 2020, 10:50 WIB

Data Bencana Permudah Bantuan Pihak Ketiga

Putra Ananda | Megapolitan
Data Bencana Permudah Bantuan Pihak Ketiga

MI/Insi Nantika Jelita
Gubernur DKI Jakarta, Anie Baswedan

 

PEMERINTAH Provinsi DKI Jakarta melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI berkolaborasi dengan 21 lembaga/organisasi, komunitas, hingga perusahaan melalui penandatanganan perjanjian kerja sama tentang Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana, khususnya banjir di DKI Jakarta.

Gubernur Provinsi DKI Anies Baswedan bersama para mitra kerja sama menandatangani perjanjian itu di Balai Kota Jakarta, kemarin.

Anies menyampaikan pemerintah bertanggung jawab untuk memfasilitasi masyarakat yang ingin menyalurkan bantuan.

“Karena yang memiliki informasi lokasi banjir dengan ketinggian air berapa, dengan korban berapa. Kami memfasilitasi dengan harapan keinginan baik masyarakat jadi manfaat bagi korban,” terang Anies.

Dengan dilakukannya kerja sama ini, menurut Gubernur, akan memperjelas pemetaan bantuan dan jenis dukungan masyarakat, sehingga dapat diakomodasi menjadi satu.

Anies juga berharap akan ada SOP yang bisa direncanakan bersama sehingga bencana yang datangnya tidak bisa diprediksi bisa diatasi dengan cepat dan efisien.

“Tentu kita tidak ingin ada bencana. Bila itu terjadi, kolaborasi ini siap untuk langsung bekerja. Apalagi kalau bicara hujan, proyeksi BMKG puncaknya Februari dan Maret. Mudah-mudahan kita tidak mengalami lagi,” ujarnya.

Adapun 21 mitra kerja sama itu ialah Baznas Bazis DKI, Rumah Zakat, Yayasan Wahana Visi Indonesia, Yayasan Kita Bisa, Palang Merah Indonesia, PT Grab Teknologi Indonesia, PT Aplikasi Karya Anak Bangsa, PT Virtual Online Exchange, Yayasan Jakarta Amanah Mulia, dan Mandiri Amal Insani Foundation,

Lalu, Lembaga Amil Zakat Al-Azhar, Lembaga Amil Zakat Nasional Nurul Hayat, Yayasan PKPU Human Initiative, Kamar Dagang dan Industri Indonesia, Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Jakarta Raya, DPD Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia DKI Jakarta, Yayasan Turun Tangan, Hotel Borobudur, Lembaga Amil Zakat Muhammadiyah, Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia, dan Yayasan Aksi Cepat Tanggap. (Put/J-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More