Sabtu 04 Januari 2020, 01:20 WIB

Harga Minyak Melonjak setelah Serangan AS

Haufan Hasyim Salengke | Internasional
Harga Minyak Melonjak setelah Serangan AS

HO / IRANIAN SUPREME LEADER'S WEBSITE / AFP
Ayatollah Ali Khamenei

 

HARGA minyak melonjak lebih dari empat persen pada Jumat menyusul berita bahwa AS telah membunuh seorang jen­deral top Iran. Hal ini mengipasi ke­khawatiran baru akan konflik di kawasan kaya minyak mentah dengan Teheran memperingatkan pembalasan.

Kepala Pasukan Quds Iran, Qa­sem Soleimani, terkena serangan di bandara internasional Baghdad awal Jumat.

Menurut Hashsha-Shaabi, pasukan paramiliter Irak yang kuat terkait dengan Teheran.

Belakangan Donald Trump tweeted gambar bendera Amerika. Pentagon mengatakan dia telah memerintahkan pembunuh­an Soleimani.

Pemimpin tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei memper­ingatkan balas dendam berat bagi para penjahat yang mengaliri darah mereka dengan darahnya. Menteri luar negeri negara itu menyebut tindakan tersebut sebagai eskalasi berbahaya.

Brent melonjak 4,4% menjadi US$69,16 dan WTI melonjak 4,3% menjadi US$63,84 karena investor semakin khawatir tentang efek dari kemungkinan kenaikan ketegangan di Timur Tengah yang mudah terbakar pada pasokan komoditas. “Ini lebih dari sekadar berdarah hidung Iran,” kata Ste­phen Innes dari Axi Trader.

“Ini ialah unjuk kekuatan yang agresif dan provokasi langsung yang dapat memicu perang Timur Tengah lainnya,” tambahnya.

Pembunuhan Soleimani meningkatkan ketegangan antara AS dan Iran. Ini terjadi setelah ge­rombolan pro-Iran pekan ini mengepung kedutaan AS di Irak setelah serangan udara Amerika yang mematikan faksi garis keras Hashed.

Drama mengirim sinyal kekhawatiran investor. Mata uang yen naik 0,7% terhadap dolar dan emas naik 1,4% menuju US$1.600.

Mata uang berisiko tinggi mundur terhadap greenback dengan won Korea Selatan turun 0,6%, dolar Australia turun 0,4% dan rand Afrika Selatan turun lebih dari satu persen.

Ekuitas beragam setelah rally untuk hari kedua tahun ini pada optimisme perdagangan Tiongkok-AS. Hong Kong turun 0,3%, Shanghai berakhir turun 0,1%, Singapura turun 0,7%, sementara Mumbai turun 0,5% . Namun, ada keuntungan di Sydney, Seoul, Wellington, Manila, dan Taipei.

Israel Siagakan Pasukan

PM Israel Benjamin Netanyahu mempersingkat kunjungan ke Yunani dan terbang pulang pada Jumat ketika Hizbullah Libanon menuntut pembalasan atas pembunuhan seorang komandan tinggi Iran dalam serangan AS.

Sebuah sumber di kantor Netanyahu mengatakan bahwa per­dana menteri kembali dari Athena, tetapi tidak menjelaskan lebih lanjut.

Setelah pembunuhan Jenderal Qasem Soleimani pada Jumat pagi, gerakan Hizbullah yang didukung Iran menyerukan serangan rudal kepada sekutu terdekat AS, Israel, untuk segera dibalaskan.

“Menentukan hukuman yang sesuai untuk pembunuh kriminal ini. Akan menjadi tanggung jawab dan tugas semua pe­­juang perlawanan di seluruh du­­nia,” kata kepala Hizbullah Hassan Nasrallah dalam sebuah pernyataan.

Yair Lapid, anggota senior alian­si Biru dan Putih di Israel yang berusaha menggulingkan Netanyahu memberi selamat kepada Presiden Donald Trump dalam sebuah unggahan di Facebook.

“Dia yang memimpin serangan teroris pembunuh dari Damaskus ke Buenos Aires dan bertanggung jawab atas kematian ribuan orang tak berdosa mendapatkan hasil yang dia layak didapatkan.

“Rezim Iran merupakan rezim teror dan melawan teror menjadi tekad dan ke­kuatan yang diperlukan,” tulis Lapid. (CNBC/AFP/I-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More