Jumat 03 Januari 2020, 20:38 WIB

Pemprov DKI Diminta Berani Lanjutkan Normalisasi Ciliwung

Andhika Prasetyo | Megapolitan
Pemprov DKI Diminta Berani Lanjutkan Normalisasi Ciliwung

Antara/Aprilio Akbar
Warga beraktivitas di Bantaran Sungai Ciliwung, Kampung Tanah Rendah, Jakarta

 

MENTERI Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan meminta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk meneruskan normalisasi sungai dan sodetan Ciliwung mencegah banjir Jakarta terulang kembali.

Menurutnya, upaya di hulu dengan membangun waduk dan bendungan perlu dibarengi juga dengan upaya pencegahan di hilir agar berkesinambungan.

"Hulu memang harus diperbaiki. Kita bangun waduk di sana. Tapi air kan nanti turun juga. Kalau di tengah terhambat, mana bisa lewat. Logikanya seperti itu," ujar Luhut di kantornya, Jakarta, Jumat (3/1).

Baca juga : Tak Tetapkan Status Tanggap Darurat, Anies : Banjir Cepat Surut

Ia menekankan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta harus memiliki keberanian untuk melanjutkan program tersebut dengan melakukan pembebasan lahan terhadap warga yang tinggal di bantaran kali.

"Kalau tidak mau ada pergeseran ya banjir seperti ini. Kan dulu tidak ada itu rumah-rumah. Sekarang ada jadi sempit. Air susah mengalir, ya meluap," ucap Luhut. (Ol-7)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More