Jumat 03 Januari 2020, 16:20 WIB

BPJS Kesehatan dan RSMS Purwokerto Integrasikan Sistem Informasi

Lilik Darmawan | Nusantara
BPJS Kesehatan dan RSMS Purwokerto Integrasikan Sistem Informasi

MI/Lilik Darmawan
Dirut Utama BPJS Kesehatan Fachmi Idris mengecek integrasi sistem informasi BJS Kesehatan pada ponsel peserta BPJS Kesehatan.

 

BPJS Kesehatan dan Rumah Sakit Umum Daerah Margono Soekarjo (RSMS) mengintegrasikan sistem informasi fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) dan fasilitas kesehatan rujukan tingkat lanjutan (FKRTL). Dengan demikian, pasien Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang dirujuk oleh FKTP bisa langsung didaftarkan ke antrean di RSMS Purwokerto. Pendaftaran langsung menggunakan mobile JKN dala, fitur pendaftaran layanan. 

Direktur Utrama BPJS Kesehatan Fachmi Idris mengatakan peningkatan kualitas pelayanan terus ditingkatkan, terutama memberikan kepastian waktu pada peserta JKN –KIS. Selain itu, RS harus memiliki “display” informasi ketersediaan tempat tidur untuk perawatan. 

"Kami telah melalukan pengecekan ke RSMS Purwokerto, dan saat sekarang telah dilaksanakan pengintegrasian sistem pelayanan yang ada di BPJS Kesehatan. Pendaftaran juga dapat diakses melalui mobile JKN," jelasnya saat kunjungan di RSMS Purwokerto pada Jumat (3/1/2020).

RSMS, katanya, juga telah menampilkan display ketersediaan tempat tidur, sehingga pasien yang akan rawat inap mengetahui kondisi ketersediaan tempat tidur. Bahkan, kini sudah ada jadwal tindakan atau operasi yang dilakukan di RS. 

"Saat ini, RSMS telah menjadwalkan untuk operasi bedah mulut, sehingga pasien tahu kapan jadwalnya operasi tanpa harus menunggu lama. Di dalam aplikasi Mobile JKN juga telah ada fitur jadwal tindakan operasi," ujarnya.

Sementara Plt Direktur RSMS Yunita Dyah Suminar mengatakan sebetulnya RSMS telah menerapkan antrean daring sejak tahun 2016. Setiap harinya, pasien rawat jalan berkisar antara 750-900 pasien.

baca juga: Pemprov Jatim Sediakan Call Center Antisipasi Bencana

"Saat ini, kami bersama dengan BPJS Kesehatan telah mengintegrasikan sistem, sehingga dengan Mobile JKN dapat mengakses langsung ke RSMS baik untuk pendaftaran online, mengetahui ketersediaan tempat tidur maupun jadwal tindakan atau operasi. Untuk sementara baru bedah mulut, tetapi ke depannya tindakan yang terjadwal adalah operasi bedah syarat maupun onkologi," jelas Yunita. (OL-3)
 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More