Jumat 03 Januari 2020, 14:28 WIB

Tim Gabungan masih Cari Korban yang Hilang

Wibowo Sangkala | Nusantara
Tim Gabungan masih Cari Korban yang Hilang

Antara
Banjir bandang di Lebak, polisi masih mencari korban hilang.

 

KEPOLISIAN  Daerah Banten merilis data update pasca bencana banjir bandang dan tanah longsor yang terjadi di beberapa wilayah di Kabupaten Lebak, Banten sejak Rabu (1/1) hingga hari ini, Jumat (3/1).

Kabid Humas Polda Banten, Kombes Pol Edy Sumardi menyatakan berdasarkan rekapitulasi data dari Bagian Operasi Polres Lebak yang dihimpun di Posko Bantuan yang bertempat di Polsek Cipanas, disebutkan jumlah korban yang hilang akibat banjir bandang mencapai 8 orang. Dari data itu, 6 orang dilaporkan hilang akibat tertimbun longsor dan kini masih dalam pencarian. Sedangkan dua orang lainnya terseret air bah.

Edy Sumardi, menambahkan untuk sementara . korban yang sudah ditemukan sampai saat berita ini dikeluarkan, Jumat (3/01/2020) berjumlah 2 orang. 1 orang sudah teridentifikasi berjenis kelamin laki laki dan 1 orang lainnya berjenis kelamin wanita namun belum teridentifikasi. Korban yang sudah ditemukan dan teridentifikasi bernama Udin, 50, laki-laki. Ia ditemukan di aliran Sungai Kampug Kondang, Desa Cipanas. 

"Hari ini sudah dua ditemukan korban meninggal dunia. Namun satu di antaranya belum dapat teridentifikasi, dan tim DVI Bid Dokkes Polda Banten terus mendalami serta mencocokan temuan ciri ciri di tubuh korban dengan sidik jari," kata Kombes Pol Edy Sumardi saat dikonfirmasi.

Satu korban berjenis kelamin wanita, lanjut Edy, ditemukan sudah tidak bernyawa di aliran Sungai Ciberang-Lebak. Saat ditemukan terdapat luka di bagian wajah. 

"Diperkirakan usianya sekitar 50 tahun. Saat ini masih dilakukan identifikasi oleh tim DVI di Ruang Jenazah RSUD Ajidarmo Rangkasbitung," ungkapnya.

Edy Sumardi menambahkan sejak terjadinya bencana banjir, Kapolda Banten Irjen Tomsi Tohir sudah mengerahkan mengerahkan ratusan personel polisi yang terdiri dari Sat Brimob, Dit Samapta, Dit Polairud, Bid Dokkes, Bid Humas untuk memback-ip Polres Lebak dalam memberikan pertolongan kepada warga. Polda Bantenakan mengupayakan membuka akses jalan utama untuk warga yang saat ini masih tertimbun longsor, mengevakuasi korban banjir dengan menggunakan perahu karet, membnersihkan sejumlah tempat ibadah, 
Adapun upaya polda Banten, yaitu melakukan pembukaan akses jalan utama, menyediakan mobil dapur umum untuk bantuan makanan setiap hari.

baca juga: Berbagai Bencana Mengintai Jawa Tengah

Banjir bandang Lebak terjadi di enam kecamatan, yakni Kecamatan Curug bitung, Sajiram Cipanas, Lebakgedong, Maja, dan Cimarga. Dari keenam wilayah itu, Kecamatan Curug bitung dan Sajira terparah kondisinya. Di Kecamatan Curug bitung sebanyak 336 unit rumah rusak berat, 17 rusak ringan, dan tiga masjid ikut rusak. Kecamatan Sajira 209 unit rumah rusak berat, 459 rusak ringan, dan merusak 4 jembatan serta 10 musala. (OL-3)
 

Baca Juga

MI/Djoko Sardjono

Pjs Bupati Klaten Tutup TMMD Sengkuyung III

👤Djoko Sardjono 🕔Kamis 22 Oktober 2020, 09:20 WIB
TMMD Sengkuyung III di Klaten berlangsung selama satu bulan di Desa Kranggan, Kecamatan Polanharjo, dan kegiatan KBMKB di Desa Manjung,...
MI/Ignas Kunda

PUPR Siapkan Rp17 Miliar Untuk Pembangunan Irigasi Mbay Kiri

👤Ignas Kunda 🕔Kamis 22 Oktober 2020, 09:07 WIB
Potensi persawahan di Kabupaten Nagekeo, NTT direspons oleh Kementerian PUPR dengan membangun saluran irigasi primer dan...
MI/Dwi Apriani

Kasus Positif Turun Drastis, Muba Masuk Zona Oranye

👤Dwi Apriani 🕔Kamis 22 Oktober 2020, 09:01 WIB
Kini Kabupaten Musi Banyuasin masuk zona oranye mulai 18 Oktober 2020. Hal ini didasari dengan makin turun kasus covid-19  dan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya