Kamis 02 Januari 2020, 20:35 WIB

Urai Kepadatan Tol Cibitung Km 24, Contra Flow Ditambah

Gana Buana | Megapolitan
Urai Kepadatan Tol  Cibitung Km 24, Contra Flow Ditambah

Antara
Cotra flow jalan tol

 

LAJUR contra flow di Kilometer (Km) 24 Cibitung tol Jakarta-Cikampek ditambah menjadi dua lajur agar kepadatan lalu lintas segera bisa teratasi. 

“Hingga saat ini, genangan air di Km 24, Cibitung, Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta berangsur surut, lajur 3 dan lajur 4 mulai dapat dilalui oleh seluruh golongan kendaraan,” ungkap Corporate Communication and Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Dwimawan Heru dalam keterangan resmi yang diterima, Kamis (2/1). 

Heru menjelaskan, saat ini kondisi lalu lintas di sekitar Km 24 masih padat imbas dari genangan air setinggi 20 sentimeter di lokasi. Untuk mengurangi kepadatan yang saat ini, sejak pukul 08.15 WIB, Jasa Marga atas diskresi Kepolisian telah memberlakukan satu lajur contraflow mulai dari Cikarang Barat Km 29 sampai dengan Cibitung Km 23 arah Jakarta.

“Sejak pukul 15.15 WIB telah ditambah menjadi dua lajur contraflow,” kata dia. 

Untuk membantu agar air cepat surut, kata dia, Jasa Marga melakukan berbagai upaya. Adapun, upaya yang dilakukan adalah pengoperasian sembilan pompa submersible dengan kekuatan 1 meter kubik/menit, pengoperasian dua pompa besar dengan kekuatan 6 meter kubik/menit serta pengoperasian dua pompa besar bantuan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) dengan kekuatan 8 meter kubik/menit. 

“Jasa Marga juga mengerahkan dua eskavator untuk mempermudah pengecekan dan penyodetan aliran air ke saluran pembuangan,” jelas dia.

Untuk pengguna jalan yang akan masuk ke Jalan Tol Jakarta-Cikampek melalui GT Cikarang Barat 4 arah Jakarta, GT Cikarang Barat 5 arah Jakarta, GT Cikarang Utara arah Jakarta sudah beroperasi normal. Namun, lalu lintas yang masuk melalui ketiga gerbang tol ini akan kembali diarahkan keluar melalui GT Cibitung 2 untuk menghindari genangan di Km 24.

“Pengguna jalan juga masih harus berhati-hati dikarenakan adanya pemberlakuan contraflow arah Jakarta. Untuk pengguna jarak jauh, disarankan untuk menggunakan Jalan Tol Jakarta-Cikampek Elevated mulai dari Km 10,” jelas dia. 

Untuk memastikan kondisi jalan tetap aman untuk pengguna jalan, saat ini petugas Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek tengah menyiagakan perambuan. Petugas jaga pun sudah ditempatkan sebelum lokasi genangan air agar pengguna jalan dapat mengurangi kecepatan kendaraan dan mengantisipasi genangan air. (OL-11)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More