Kamis 02 Januari 2020, 14:46 WIB

Ketua DPR Minta Koordinasi Tangani Banjir Dioptimalkan

Putra Ananda | Politik dan Hukum
Ketua DPR Minta Koordinasi Tangani Banjir Dioptimalkan

Antara/M.Agung Rajasa
Ketua DPR Puan Maharani

 

KETUA DPR Puan Maharani mendorong agar pemerintah dapat mengoptimalkan seluruh kemenenterian dan lembaga terkait untuk membantu masyarakat terdampak banjir. 

Termasuk dalam penyaluran bantuan hingga upaya pemulihan pascabencana banjir yang melanda Jakarta dan sekitarnya. 

"Diperlukan membangun sinergi yang lebih baik antarkementerian dan lembaga yang memiliki tugas dan fungsi dalam penanganan bencana yaitu Kemensos, Kemendagri, Kementerian PUPR, Kemenkes, BNPB serta Pemerintah Daerah (Pemda)," tutur Puan melalui pesan resminya yang ia sampaikan kepada awak media, Kamis (2/1). 

Puan juga mengingatkan agar setiap kementerian dan lembaga dapat memaksimalkan komunikasi dan koordinasi dalam mengatasi bencana banjir di Jabodetabek. Komunikasi dan koordinasi tersebut dilakukan guna memaksimalkan penanganan banjir. 

"Tidak malah saling melempar tanggungjawab namun tetap mengedepankan kepentingan masyarakat." ujarnya. 

Baca juga : Banjir Hingga Satu Meter, Sidang Tipikor Tetap Berjalan

Selain itu, sebagai ketua DPR dirinya juga mengimbau pada masa reses kali ini anggota DPR RI yang menjalankan reses di area terdampak banjir bisa turut serta melakukan proses tanggap darurat untuk membantu masyarkat. 

Menurut Puan banjir tahun ini memerlukan upaya parsial untuk diatasi karena melibatkan beberapa daerah. 

"Harus ada upaya pencegahan untuk meminimalkan dampak  dari hulu sampai hilir sehingga pemerintah pusat harus tampil menjadi pelopor," ujarnya. 

Puan menegaskan, DPR RI akan membantu semua upaya pencegahan dan penanggulangan banjir dari sisi pengawasan dan anggaran setiap lembaga. Selain itu, DPR juga akan memaksimalkan perannya di bidang legislasi untuk mengatasi bencana banjir ke depan. 

"Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah harus bersinergi dalam menyusun kebijakan dan program penanggulangan banjir di Jabodetabek," tuturnya. (OL-7)

Baca Juga

MI/ADAM DWI

Sidang Perdana Nurhadi Digelar Hari Ini

👤Fachri Audhia Hafiez 🕔Kamis 22 Oktober 2020, 06:10 WIB
Nurhadi akan diadili bersama menantunya, Rezky Herbiono. Sidang perdana ini akan menguak unsur suap dan gratifikasi hasil penyidikan...
Biro Pers Sekretariat Presiden/Lukas

Relawan Jokowi Dorong Reshuffle Kabinet

👤Abdillah Muhammad Marzuqi 🕔Kamis 22 Oktober 2020, 05:33 WIB
Jika Jokowi kukuh mempertahankan sejumlah menteri yang berkinerja buruk, hal itu akan membuat citra mantan Wali Kota Solo itu...
ANTARA

KPK masih Telaah Kasus TPPU Nurhadi

👤Ant/P-5 🕔Kamis 22 Oktober 2020, 05:25 WIB
Sebelumnya terkait dengan dugaan TPPU Nurhadi, KPK juga telah menyita beberapa aset seperti lahan kelapa sawit di Padang Lawas, Sumatra...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya