Kamis 02 Januari 2020, 14:46 WIB

Ketua DPR Minta Koordinasi Tangani Banjir Dioptimalkan

Putra Ananda | Politik dan Hukum
Ketua DPR Minta Koordinasi Tangani Banjir Dioptimalkan

Antara/M.Agung Rajasa
Ketua DPR Puan Maharani

 

KETUA DPR Puan Maharani mendorong agar pemerintah dapat mengoptimalkan seluruh kemenenterian dan lembaga terkait untuk membantu masyarakat terdampak banjir. 

Termasuk dalam penyaluran bantuan hingga upaya pemulihan pascabencana banjir yang melanda Jakarta dan sekitarnya. 

"Diperlukan membangun sinergi yang lebih baik antarkementerian dan lembaga yang memiliki tugas dan fungsi dalam penanganan bencana yaitu Kemensos, Kemendagri, Kementerian PUPR, Kemenkes, BNPB serta Pemerintah Daerah (Pemda)," tutur Puan melalui pesan resminya yang ia sampaikan kepada awak media, Kamis (2/1). 

Puan juga mengingatkan agar setiap kementerian dan lembaga dapat memaksimalkan komunikasi dan koordinasi dalam mengatasi bencana banjir di Jabodetabek. Komunikasi dan koordinasi tersebut dilakukan guna memaksimalkan penanganan banjir. 

"Tidak malah saling melempar tanggungjawab namun tetap mengedepankan kepentingan masyarakat." ujarnya. 

Baca juga : Banjir Hingga Satu Meter, Sidang Tipikor Tetap Berjalan

Selain itu, sebagai ketua DPR dirinya juga mengimbau pada masa reses kali ini anggota DPR RI yang menjalankan reses di area terdampak banjir bisa turut serta melakukan proses tanggap darurat untuk membantu masyarkat. 

Menurut Puan banjir tahun ini memerlukan upaya parsial untuk diatasi karena melibatkan beberapa daerah. 

"Harus ada upaya pencegahan untuk meminimalkan dampak  dari hulu sampai hilir sehingga pemerintah pusat harus tampil menjadi pelopor," ujarnya. 

Puan menegaskan, DPR RI akan membantu semua upaya pencegahan dan penanggulangan banjir dari sisi pengawasan dan anggaran setiap lembaga. Selain itu, DPR juga akan memaksimalkan perannya di bidang legislasi untuk mengatasi bencana banjir ke depan. 

"Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah harus bersinergi dalam menyusun kebijakan dan program penanggulangan banjir di Jabodetabek," tuturnya. (OL-7)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More