Kamis 02 Januari 2020, 11:02 WIB

Jabodetabek Banjir, Kegiatan Operasional BI Tetap Normal

Faustinus Nua | Ekonomi
Jabodetabek Banjir, Kegiatan Operasional BI Tetap Normal

Dok.MI/ROMMY PUJIANTO
Logo Bank Indonesia di Komplek Kantor Bank Indonesia, Jakarta.

 

KEGIATAN operasional sistem pembayaran dan operasi moneter Bank Indonesia (BI) tetap berjalan normal sehubungan kondisi banjir di wilayah Jabodetabek pada 1 Januari 2020 serta pascakegiatan operasional BI pada Hari Raya Natal dan Akhir Tahun 2019.

Kelancaran kegiatan operasional dimaksud yakni layanan sistem pembayaran nontunai, layanan sistem pembayaran tunai, dan transaksi operasi moneter Rupiah dan valuta asing (valas)

Kepala Departemen Komunikasi BI Onny Widjanarko dalam keterangan resmi, Kamis (2/1), menerangkan layanan sistem pembayaran nontunai tetap normal. Hal itu didukung terjaganya kegiatan operasional sistem Bank Indonesia Real Time Gross Settlement (BI-RTGS) dan Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI).

Baca juga: Banjir Landa Jabodetabek, 74 Penerbangan Lion Group Terdampak

Begitu pula dengan layanan sistem pembayaran tunai (layanan kas) untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam memperoleh uang Rupiah yang layak edar.

"Transaksi operasi moneter Rupiah dan valas didukung sistem Bank Indonesia Scripless Securities Settlement System (BI-SSSS) dan Bank Indonesia Electronic Trading Platform (BI-ETP) yang tetap terjaga, serta kegiatan operasional Jakarta Interbank Offered Rate (JIBOR) dan Indonia," jelasnya.

Guna mengantisipasi perkembangan kondisi cuaca, BI akan senantiasa berkoordinasi dengan perbankan dan lembaga/otoritas terkait lainnya untuk menjamin kelangsungan layanan sistem pembayaran nontunai dan tunai secara aman dan lancar bagi masyarakat.

"BI juga akan terus memastikan kegiatan operasi moneter serta pasar uang tetap berjalan lancar dan normal guna menjaga likuiditas dan stabilitas perekonomian," kata dia. (OL-2)

Baca Juga

Dok Kemenkominfo

Pemerintah Luncurkan Aplikasi Berbasis AI untuk Perangi Korona

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 31 Maret 2020, 22:02 WIB
Teknologi AI menghubungkan data berbasis peta dan lingkungan sekitar melalui perangkat telepon seluler (ponsel) dan terhubung dengan...
MI/Fransisco Carolio Hutama Gani

BPS akan Rilis Inflasi Maret, Berapa Proyeksi Inflasi dari BI?

👤Despian Nurhidayat 🕔Selasa 31 Maret 2020, 20:58 WIB
Inflasi pada Maret 2020 akan diperkirakan sebesar 3% jika dilihat secara...
Dok Sinar Mas Land

Sinar Mas Land Bantu Tangani Covid-19 Lewat CSRĀ 

👤Gana Buana 🕔Selasa 31 Maret 2020, 20:49 WIB
Sinar Mas Land sebagai bagian dari masyarakat pihaknya ingin berpartisipasi dan berkontribusi membantu pemerintah memerangi virus...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya