Rabu 01 Januari 2020, 19:13 WIB

Menteri PUPR : Banjir Karena Program Normalisasi Tersendat

Andhika | Megapolitan
Menteri PUPR : Banjir Karena Program Normalisasi Tersendat

MI/Pius Erlangga
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

 

MENTERI Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat  (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan, salah satu penyebab utama banjir di kawasan Jabodetabek adalah normalisasi sungai Ciliwung yang tidak berjalan cepat.

Dari total 33,9 kilometer target normalisasi, hingga saat ini baru terealisasi sepanjang 16 kilometer.

"Maaf Pak Gunernur, dalam penyusuran Sungai Ciliwung, yang sudah dinormalisasi 16 kilometer itu aman dari luapan, yang belum dinormalisasi tergenang," ujar Basuki di Jakarta, Rabu (1/1).

Basuki pun memastikan akan segera berdiskusi dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk menyelesaikan program tersebut demi mencegah banjir yang lebih besar di masa mendatang.

"Karena menurut BMKG, Februari-Maret curah hujan akan lebih besar dari sekarang," tuturnya.

Basuki mengatakan, salah satu hal yang menjadi kendala dalam menormalisasi Ciliwung adalah keengganan masyarakat yang tinggal di sepanjang sungai untuk dipindahkan ke lokasi lain yang lebih aman.

"Sekarang rumah itu bukan di bantaran, tapi di palung sungai. Memang ini bukan hal mudah, tapi harus dilakukan agar banjir tidak terus terulang," jelas dia.

Menanggapi pernyataan Basuki, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan upaya normalisasi adalah langkah yang sia-sia.

Menurutnya, selama air dari kawasan selatan yakni Bogor, Jawa Barat, dibiarkan masuk ke Jakarta, apapun program yang dilakukan di ibu kota tidak akan bisa mencegah terjadinya banjir.

"Selama air dibiarkan dari kawasan selatan masuk ke jakarta, tidak ada pengendalian dari selatan, apapun yang kita kerjakan di kawasan pesisir termasuk jakarta, tidak akan bisa mengendalikan air," ucap dia.(OL-11)
 

Baca Juga

MI/Fransisco Carollio

Kabar Baik, 53 Pasien Covid-19 di Jakarta Sudah Sembuh

👤Insi Nantika Jelita 🕔Kamis 02 April 2020, 20:30 WIB
Sebanyak 53 pasien covid-19 di Jakarta dilaporkan telah sembuh, kemudian 562 pasien masih dirawat da 181 orang melakukan isolasi...
Antara

Ketika Portal Panjang di Jakarta Halangi Ibu Mencari Pisang

👤Sri Utami 🕔Kamis 02 April 2020, 20:20 WIB
"Saya engggk tahu kalau jalan itu ditutup. Saya tanya petugas jaganya, katanya ditutup karena mencegah korona,"...
Antara

Anies Minta Pembatasan Sosial Berskala Besar di Jakarta

👤Insi Nantika Jelita 🕔Kamis 02 April 2020, 20:13 WIB
Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jakarta segera diterapkan, Gubernur Anies Baswedan sudah melayangkan surat kepada Kementrian...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya