Rabu 10 Februari 2016, 11:03 WIB

Ribuan Hektare Sawah di Gerobogan Terendam

Akhmad Safuan | Nusantara
Ribuan Hektare Sawah di Gerobogan Terendam

Antara

 

HUJAN yang mengguyur kawasan pantura Jawa membuat Sungai Lusi meluap. Akibatnya, delapan kecamatan di Kabupaten Gerobogan, Jawa Tengah dilanda banjir dengan ketinggian 50 sentimeter hingga 100 sentimeter.

Pemantauan di pantura Rabu (10/2), intensitas hujan yang terjadi baik di pantura timur naupun barat terus meningkat. Bahkan setelah dilanda hujan semalaman, cuaca mendung masih menyelimuti. BMKG Semarang memperkirakan hujan masih akan mengguyur sepanjang hari ini.

Delapan kecamatan yang tergenang adalah Tawangharjo, Pulokulon, Kradenan, Grobogan, Brati, Klambu, Purwodadi dan Geyer. Banjir juga membuat ribu hektare sawah yang baru saja ditanami dan rumah-rumah warga terendam.

"Kalau hujan terus, kita khawatir akan semakin menenggelamkan rumah, Sejak subuh warga berupaya menyelematkan barang dengan meletakkan di tempat yang lebih tinggi," kata Kurniawan,38, warga di Purwodadi.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Grobogan Agus Sulaksono mengatakan banjir yang melanda beberapa kecamatan di Grobogan terjadi akibat Sungai Lusi meluap karena tidak mampu menampung volume air. Selain luapan Sungai Lusi, jela Agus, banjir juga disebabkan pendangkalan sejumlah saluran irigasi. (OL-2)

Baca Juga

MI/FRANSISCO CAROLIO HUTAMA GANI.

Menendang Ojol, Seorang Pria Digeruduk dan Dibawa ke Polisi

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 06 Juli 2020, 15:26 WIB
Para ojol yang datang ke rumah pria yang menendang ojol itu tidak melakukan aksi...
Antara

Kasus Covid-19 di Jatim, Epidemiolog: Banyak Orang Tanpa Gejala

👤 Ferdian Ananda Majni 🕔Senin 06 Juli 2020, 14:46 WIB
Otoritas setempat harus mengupayakan penambahan ruang isolasi di rumah sakit rujukan Covid-19, sebab masih banyak ditemukan kasus positif...
MI/Reza Sunarya

300 ASN di Purwakarta Jalani Swab Test

👤Reza Sunarya 🕔Senin 06 Juli 2020, 14:15 WIB
Pemkab Purwakarta Jawa Barat dan Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19, melakukan swab test terhadap ratusan ASN di  Dinas...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya