Rabu 01 Januari 2020, 10:52 WIB

Sejumlah Ruas Tol Tergenang Air

Gana Buana | Megapolitan
Sejumlah Ruas Tol Tergenang Air

Dok. Jasa Marga
Ruas Tol tergenang banjir

 

SEJUMLAH titik di ruas jalan tol tergenang air. Hal ini terjadi lantaran curah hujan tak kunjung berhenti sejak Selasa (31/12) sore. 

Corporate Communication and Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Dwimawan Heru, menyampaikan pihaknya saat ini tengah menindaklanjuti beberapa titik genangan air di Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta. Titik-titik tersebut saat ini tergenang setinggi 5-10 sentimeter .

“Tiap titik tergenang air di sebagian lajur, yaitu Lajur 1 dan Lajur 2,” ungkap Heru dalam keterangan resmi yang diterima, Rabu (1/1).

Heru menjelaskan, adapun beberapa titik yang tergenang adalah Kilometer (Km) 27 sampai dengan Km 26, Km 24, Km 21, Km 19 serta Km 17. Penguna jalan masih dapat mengakses jalan tol dengan me ngambil Lajur 3 dan Lajur 4 dengan berhati-hati di beberapa titik tersebut.

Baca juga: Ini Debit di Sejumlah Pintu Air Jakarta

Sementara itu, pengguna jalan dari arah Bekasi menuju Cawang dialihkan ke Jalan Tol JORR. Hal ini dilakukan untuk menghindari wilayah Jatibening Km 9.

“Tinggi airnya mencapai 10-15 sentimeter dan hanya bisa dilintasi di Lajur 4 untuk kendaraan kecil,” jelas dia. 

Selain itu, lanjut dia, ada beberapa Gerbang Tol (GT) yang saat ini ditutup sementara. Sebab, di gerbang tersebut terjadi genangan air. Beberapa di antaranya adalah GT Cikarang Barat 4 arah Jakarta tutup mulai jam 07.30 WIB, GT Cibitung 1 dab 2 tutup mulai jam 06.00 WIB, GT Tambun tutup mulai jam 06.00 WIB dan GT Cikarang Timur arah Jakarta tutup mulai jam 07.40 WIB

“Jasa Marga juga meminta pengguna jalan untuk mengantisipasi luapan danau Grand Wisata yang saat ini telah masuk ke lajur akses masuk Tambun,” ungkapnya.

Untuk memastikan kondisi jalan tetap aman untuk pengguna jalan, petugas Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek tengah menyiagakan perambuan serta penempatan petugas sebelum lokasi genangan air. Hal ini agar pengguna jalan dapat mengurangi kecepatan kendaraan dan mengantisipasi genangan air.

Untuk memastikan genangan air surut dengan cepat dan kondisi kembali seperti semula, Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek juga menurunkan 2 unit pompa diesel moveable, 1 unit pompa submersible dan 4 unit pompa portable.

“Jasa Marga memohon maaf atas ketidaknyamanan pengguna jalan akibat hal ini,” pungkasnya.(OL-5)

Baca Juga

MI/Andri Widiyanto

Pernyataan tak Ada Klaster di Petamburan Dinilai Terlalu Prematur

👤Hilda Julaika 🕔Rabu 25 November 2020, 08:54 WIB
"Pernyataan itu tidak bertanggung jawab. Itu terlalu prematur untuk mengatakan tidak ada klaster dari massa Rizieq Shihab di beberapa...
MI/ANDRI WIDIYANTO

Tingkatkan SDM, Pemprov DKI Dukung Program Seribu Sarjana

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Rabu 25 November 2020, 06:49 WIB
Pemprov DKI Jakarta mendukung program tersebut karena bertekad terus meningkatkan kualitas hidup masyarakat, antara lain melalui sektor...
Diskominfotik DKI

Anies Lantik Komisi Informasi Provinsi DKI Jakarta

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Rabu 25 November 2020, 06:10 WIB
Pemerintahan modern selalu mengedepankan prinsip keterbukaan informasi, khususnya dalam perumusan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya