Rabu 01 Januari 2020, 00:00 WIB

Tradisi Unik Merayakan Tahun Baru di Berbagai Negara

Raka Lestari | Pernik
Tradisi Unik Merayakan Tahun Baru di Berbagai Negara

Pexels
Ilustrasi

MALAM  pergantian tahun biasanya diisi oleh pesta kembang api dan berbagai atraksi yang kian menarik dari tahun ke tahun. Tapi ada juga negara yang masih mempertahankan tradisi mereka dalam menyambut tahun baru.
 
Seperti di Spanyol yang biasanya menyambut tahun baru dengan mengonsumsi 12 buah anggur. Sementara di Denmark. melemparkan piring dan gelas yang sudah usang menjadi tradisi negara Skandinavia ini.
 
Lalu negara mana lagi di dunia ini yang memiliki tradisi menyambut pergantian tahun? Berikut di antaranya:
-Spanyol
Dalam menyambut tahun baru di Spanyol, warga Spanyol memiliki kebiasaan untuk makan 12 buah anggur. Anggur-anggur tersebut akan dimakan tepat pada jam 12 malam.

Setiap anggur mewakili keberuntungan untuk satu bulan di tahun mendatang. Di kota-kota besar seperti Madrid dan Barcelona, orang-orang berkumpul di lapangan utama untuk makan anggur bersama.
-Denmark
Penduduk Denmark menyambut tahun baru dengan melemparkan piring dan gelas yang sudah usang ke pintu keluarga dan teman-teman mereka. Gunanya tak lepas untuk mengusir roh jahat.
 
Mereka juga berdiri di atas kursi dan melompat bersama seakan akan sedang “melompat” ke Januari. Sambil berharap keberuntungan menyertai mereka.
-Finlandia
Di Finlandia, orang memprediksi tahun yang akan datang dengan membuang timah cair ke dalam wadah berisi air. Lalu menginterpretasikan bentuk logam yang diambil setelah timah tersebut mengeras.
 
Jika berbentuk hati atau cincin berarti pernikahan. Sedangkan jika berbentuk kapal, berarti melambangkan adanya perjalanan. Sementara jika menggambarkan seekor babi berarti akan ada banyak makanan.
-Filipina
Anda akan menemukan bentuk bundar di seluruh Filipina pada malam tahun baru sebagai representasi koin. Tradisi ini untuk melambangkan kemakmuran pada tahun mendatang.
 
Selain itu banyak keluarga memajang tumpukan buah di meja makan. Beberapa di antaranya memakannya persis 12 buah berbentuk bulat pada tengah malam.
-Yunani
Pada malam tahun baru, seluruh warga Yunani akan menggantungkan bawang di depan rumah mereka. Itu merupakan simbol kelahiran kembali.
 
Pada hari pertama tahun baru, orang tua juga akan membangunkan anak-anak mereka dan mengetuk kepala mereka dengan bawang.
-Brasil
Brasil serta negara-negara Amerika Tengah, Amerika Selatan, seperti Ekuador, Bolivia, dan Venezuela punya tradisi unik menyambut pergantian tahun. Di antaranya mengenakan pakaian spesial pada malam tahun baru.
 
Tradisi itu dianggap sebuah beruntung. Misalnya menggunakan pakaian berwarna merah. Hal itu dianggap membawa cinta pada tahun baru. Sedangkan kuning dianggap sebagai membawa rezeki.
(Medcom/OL-!2)

 

Baca Juga

Nurul Huda, penulis Buku Tips dan Trik Menjadi MC Profesional--Dok. Pribadi

Siapapun Bisa Jadi MC Profesional

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 24 Juni 2020, 09:15 WIB
MC menjadi salah satu profesi pilihan saat...
Dok. Izidok

Bantu Dokter, Aplikasi E-Rekam Medis Izidok Hadir di Indonesia

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 22 Juni 2020, 11:05 WIB
Metode manual dalam sistem administrasi dan pencatatan rekam yang masih diterapkan oleh dokter praktik mandiri memunculkan beberapa...
MI/RAMDANI

Berburu Pernak-Pernik di Tahun Tikus Logam

👤 Dero Iqbal Mahendra 🕔Jumat 17 Januari 2020, 05:20 WIB
Produk-produk hiasan rumah, baju, lampion, hingga angpau dengan dominasi warna merah selalu diburu masyarakat Tionghoa tiap Tahun Baru...

TAFSIR AL-MISHBAH

Read More

CELOTEH

Read More

JADWAL IMSAKIYAH
Minggu, 25 Okt 2020 / Ramadan 1441 H
Wilayah Jakarta dan Sekitarnya
Imsyak : WIB
Subuh : WIB
Terbit : WIB
Dhuha : WIB
Dzuhur : WIB
Ashar : WIB
Maghrib : WIB
Isya : WIB

PERNIK

Read More