Selasa 31 Desember 2019, 18:15 WIB

Bea Cukai Juanda Resmikan Kargo Ekspor Perdana Surabaya–Jeddah

mediaindonesia.com | Ekonomi
Bea Cukai Juanda Resmikan Kargo Ekspor Perdana Surabaya–Jeddah

Istimewa
Bea Cukai Juanda telah melaksanakan pelepasan ekspor perdana dengan rute Surabaya – Jeddah melalui terminal kargo Bandara Juanda.

 

BEA Cukai sebagaimana fungsinya sebagai trade facilitator dan industrial assitance terus berupaya meningkatkan industri dalam negeri, salah satunya mendorong ekspotir-eksportir baru.

Bea Cukai Juanda telah melaksanakan pelepasan ekspor perdana dengan rute Surabaya – Jeddah (Arab Saudi) melalui terminal kargo Bandara Internasional Juanda, Surabaya, Jawa Timur, Rabu (18/12/2019).

Pelepasan tersebut telah diresmikan secara simbolis oleh Kepala Kantor Bea Cukai Juanda, Budi Harjanto dengan didampingi Direktur PT Alkanaah (GSA dari Saudia Airlines), jajaran manajemen PT Angkasa Pura I, PT JAS, Otoritas Bandara Internasional Juanda, Perwakilan dari Balai Karantina Surabaya, serta para pihak lainnya yang terlibat.

“Dalam ekspor perdana tersebut, terdapat dau pemberitahuan ekpor barang (PEB) dengan komoditi barang ekspor berupa alat-alat musik dan sepatu. Total berat dari kedua komoditi tersebut kurang lebih seberat 4,3 ton,” ujar Budi.

Budi Harjanto memaparkan bahwa eksportasi perdana dengan menggunakan pesawat Saudi Arabian Airlines tersebut adalah yang pertama kali sejak beroperasi pada tahun 2014.

“Diharapkan ini dapat memicu peningkatan eksportasi dari Indonesia, serta menjadikan Juanda sebagai pintu utama tempat bagi para stakeholder untuk mengekspor barang-barangnya,” sambungnya.

Dengan terjalinnya sinergitas yang baik antarinstansi terkait, operator, serta para pengguna jasa di wilayah Bandara Internasional Juanda serta dukungan teknis yang memadai, Bea Cukai Juanda optimistis neraca perdagangan ekspor akan semakin meningkat dan daya saing industri dalam negeri akan semkain tinggi, khususnya di wilayah Indonesia bagian Timur.(OL-09)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More